Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan

Opini

Artikel, Opini, dan berita lain
Category >> Opini

Program Ini Harus Serius Dilaksanakan

Posted by: aeni

Tagged in: Untagged 

Terkait dengan peluncuran program pelayanan terbaru ini, Bupati HT Alaidinsyah berharap program yang telah menggunakan jasa konsultan tersebut diharapkan harus serius dilaksanakan secara maksimal, dan tercapai seperti yang telah ditargetkan.

“Tujuannya supaya bermanfaat bagi masyarakat, janganlah pelayanan secara islami ini hanya sebuah retorika semata,” pinta bupati.

Terkait ucapan tahun baru islam dengan pembangunan Rumah Sakit Regional di Meulaboh, Bupati HT Alaidinsyah dengan tegas menyatakan Pemkab Aceh Barat telah menyiapkan lahan seluas 8,5 hektare yang berlokasi di Ujong Beurasok, Kecamatan Johan Pahlawan.

“Jika tidak ada halangan, awal tahun 2017 pembangunan Rumah Sakit Regional ini akan segera dibangun,” kata bupati menirukan janji Pemerintah Aceh.

Untuk menyukseskan program besar ini, Pemkab setempat juga telah merampungkan Detail Engineering Design (DED) dengan harapan saat pembangunan berjalan, maka tidak ada lagi halangan yang berarti. Sehingga keberadaan pusat layanan kesehatan tersebut benar-benar terwujud sesuai dengan keinginan seluruh komponen masyarakat, ujarnya.

Di sisi lain, untuk meningkatkan kesehatan masyarakat , bupati juga mengucapkkan Selamat Tahun Baru Hijriyyah 1438 dan meminta peran serta seluruh petugas kesehatan yang ada di Aceh Barat untuk memaksimalkan pelayanan di masyarakat. Mulai dari tingkat desa hingga ke kabupaten, sehingga kesehatan masyarakat semakin terjaga dengan baik.


Ratusan Kades di Tasik Tak Dilindungi Jaminan Kesehatan

Posted by: rokib

Tagged in: Untagged 

Ratusan kepala desa di Kabupaten Tasikmalaya nyatanya sampai saat ini tidak dilindungi oleh jaminan ataupun asuransi kesehatan, baik sejenis Jamkesmas, Jamkesda bahkaan BPJS Kesehatan. Fakta ini cukup mencengangkan sekaligus ironis, mengingat peran dari para kepala desa selama ini justru membantu masyarakatnya untuk mendapatkan jaminan maupun pelayanan kesehatan yang layak.

Saat ini diperlukan jaminan sekaligus perlindungan kesehatan yang disediakan (dicover) pemerintah daerah bagi para kepala desa mupun aparatur pemerintah desa lainnya. Sebab tidak adanya jaminan kesehatan pada akhirnya justru merugikan para kepala desa sendiri. Ketika tidak memiliki BPJS Kesehatan yang didaftarkan secara mandiri, maka mereka pun terpaksa berobat sebagai pasien umum.

Kasus seperti ini bukan satu dua kali terjadi. Terakhir seperti kejadian yang menimpa Kepala Desa Nantang, Kecamatan Cigalontang, Alm Suryana. Karena tidak memiliki jaminan kesehatan, maka dirinya harus menjalani pengobatan di salah satu Rumah Sakit Swasta di Kota Tasikmalaya sebagai pasien umum. Hingga menu pizza hut akhirnya Suryana tutup usia, keluarganya terpaksa harus menanggung biaya pengobatan hingga mencapai Rp30 juta.

Ketua Asosiasi pemerintah desa seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Tasikmalaya Panji Permana mengatakan, saat ini dari 351 kepala desa yang ada di Kabupaten Tasikmalaya mayoritas dari mereka tidak memiliki jaminan kesehatan dari pemerintah daerah, baik berupa Jamkesmas dan Jamkesda.

Jika pun ada, maka itu berupa BPJS kesehatan yang didaftarkan secara mandiri oleh yang bersangkutan. Jangan sampai kejadian yang menimpa Kepala Desa Nantang Kecamatan Cigalontang, juga menimpa kepala desa lainnya.

"Pemerintah daerah perlu menyediakan jaminan kesehatan bagi para kepala desa. Inikan ironis, setiap hari kita membantu warga mendapatkan Jamkesmas, Jamkesda, UPCPK, BPJS kesehatan dan kini Kartu Indonesia Sehat (KIS), tetapi untuk dirinya sendiri tidak mendapat pelayanan jaminan kesehatan," tegas Panji.

Jaminan kesehatan nantinya bisa sejenis Jamkesda ataupun Unit Pelayanan Cepat Penanggulangan Kemiskinan (UPCPK). Meski diakui Panji, jika dicover dalam UPCPK jelas tidak akan masuk kriteria, karena rata-rata kepala desa tidak termasuk warga miskin.

Maka setidaknya ada asuransi kesehatan khusus untuk para kepala desa dan perangkat desa yang pembiayaannya diklaim pemerintah. Sehingga mereka bisa lebih tenang dan tidak dibebankan oleh iuran premi bulanan.

Apdesi Kabupaten Tasikmalaya sendiri akan melayangkan surat kepada DPRD Kabupaten Tasikmalaya maupun Bupati Tasikmalaya guna membahas hal ini.

"Kalau asuransi purna bakti ada dan diberikan ketika habis masa jabatan. Tetapi kalau untuk berobatkan memerlukan asuransi kesehatan. Makanya kita perlu membahasnya bersama dewan dan Bupati," terang Panji.

Ketua Komisi 4 DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Usman Kusmana mengatakan, seharunya ada kebijakan dari pemerintah daerah untuk mengcover jaminan kesehatan para kepala desa.

Dalam layanan UPCPK semestinya itu sudah ada, bisa sejenis asuransi kesehatan perangkat desa. Pihaknya mengaku mendorong penyediaan jaminan kesehatan baik untuk para kepala desa maupun para kiai. Jangan sampai ketika mereka berobat bahkan dirawat di RS harus kebingungan dengan persoalan biaya. Tinggal dibuat nomenklaturnya, karena itu bisa saja dilakukan oleh pemerintah.

"Intinya bahwa pemerintah daerah harus menyedikan layanan jaminan kesehatan untuk kepala desa, kiai dan ajengan. Kita komisi 4 mendorong jika pemerintah daerah mau seperti itu,"


Mari Mulai Rutin Cek Kesehatan Jantung di Hari Jantung Sedunia 2016

Posted by: soberius

Tagged in: Untagged 

 SETIAP tahunnya, semua dunia mengadakan World Heart Day (WHD) atau Hari Jantung Sedunia pada tanggal 29 September. Th. ini, WHD diperingati dengan promosi utamanya teliti kardiovaskular dengan cara berkala untuk kesehatan jantung.

Penyakit kardiovaskuler (penyakit jantung serta stroke) yaitu penyebabnya kematian nomer satu didunia. Penyakit ini sudah mengonsumsi korban sejumlah 17, 3 juta orang tiap-tiap tahunnya. Di Indonesia, penyakit ini masihlah jadi penyebabnya kematian paling tinggi hingga semua masyarakar butuh mengambil peran dalam menghindar tingginya angka kesakitan serta kematian.

Ketua Perhimpunan Spesialis Kardiovaskuler Indonesia (PERKI) Dr dr Ismoyo Sunu, SpJP (K), FIHA, FasCC, mengingatkan kalau penyakit jantung masihlah jadi kabar buruk lantaran adalah pembunuh nomer satu. Tetapi, kabar baiknya, penyakit jantung begitu mungkin saja untuk dapat dihindari.

" Semua orang-orang butuh bergerak berbarengan. Seperti Kementerian Kesehatan dengan profesional kesehatan yang sudah membuat komite nasional untuk bikin program mencegah penyakit jantung periode panjang harga ac aux supaya dapat menurunkan angka kesakitan serta kematian. Menyongsong WHD ini, usaha edukasi ditargetkan untuk bikin orang-orang memahami penyakit jantung hingga tahu bagaimana mengatasi korban supaya cepat ditolong, " katanya, dalam acara kampanye Hari Jantung Sedunia di, bilangan Senayan, Jakarta, Minggu (25/9/2016).

Yayasan Jantung Indonesia (YI) yang menginisiasi acara kampanye itu mengadakan perayaan itu dengan cara serentak di 15 kota besar di Indonesia. Pemecahan Rekor Muri untuk kontrol kesehatan gratis dengan peserta paling banyak se-Indonesia juga di buat untuk mensosialisasikan utamanya kontrol kesehatan jantung.

" Kontrol dengan cara teratur desakan darah serta gula darah diinginkan bisa mengingatkan orang-orang begitu utamanya menjaga

kesehatan desakan darah serta gula darah. Diluar itu kami orang-orang tetaplah siaga bakal ancaman penyakit kardiovaskular yang dapat

menyerang siapapun tanpa ada melihat type kelamin serta umur, " pesan Ketua Umum Yayasan Jantung Indo (YUI), Ibu Syahlina Zuhal, pada saat yang sama.


Potensi Fraud JKN Capai Rp400 Miliar

Posted by: blogiciouz

Tagged in: Untagged 

Potensi kerugian Asuransi Kesehatan Nasional (JKN) sebagai akibat dari penipuan (fraud) mencapai lebih dari Rp400 miliar. Angka yang disampaikan Badan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan masih perlu dieksplorasi lebih lanjut.

"Tapi itu masih potensi, betapa benar-benar kecurangan, harus diselidiki. Kami dalami begitu jelas, karena konteks ini masih pembinaan. Sistem JKN masih menyimpan banyak masalah yang memerlukan perbaikan karena menyangkut masalah pemahaman dan pemahaman tentang aturan , prosedur dan instrumen, "kata Kepala Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan (PPJK) Kementerian Kesehatan Donald Pardede, baru-baru ini.

Departemen Kesehatan sendiri telah mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 36 tahun 2015 tentang Pencegahan Penipuan (Penipuan) dalam Pelaksanaan Program Asuransi harga motor honda Kesehatan untuk melindungi penyelenggara JKN penyimpangan. "Sosialisasi Permenkes terus dilakukan sehingga semua pihak yang terlibat, memahami aturan ini sehingga kecurangan tidak lagi terjadi," kata Inspektur Investigasi Departemen Kesehatan Wayan Rai Suarthana.

Donald memperingatkan, jika pembinaan yang dilakukan dan pemahaman pihak-pihak terkait baik, maka aturan penegakan dikenakan. Semua pihak yang terlibat dalam pelayanan JKN memiliki risiko kecurangan, yang petugas BPJS Kesehatan, peserta JKN, penyedia di fasilitas-tingkat pertama kesehatan (FKTP), serta penyedia obat dan alat kesehatan.

"Jadi sekarang kita terus sosialisasi untuk penyelenggara JKN tidak curang. Mengubah dan perbaikan JKN begitu cepat, memerlukan penyesuaian dan pemahaman tentang peraturan dan prosedur. Kalau ditanya pembinaan sampai kapan, sulit untuk dijawab karena itu akan lebih baik jika pihak penuntut JKN dilakukan setelah sistem berjalan dengan baik, "kata Donald


Berkenalan dengan Middle East Respiratory Syndrome (MERS)

Posted by: blogiciouz

Tagged in: Untagged 

Middle East Respiratory Syndrome (MERS) merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh corona virus yang disebut Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-Cov), yang pertama kali dilaporkan pada tahun 2012 di Arab Saudi.

Virus ini berbeda dengan coronavirus lain yang telah ditemukan sebelumnya, sehingga kelompok studi corona virus dari Komite Internasional untuk Taksonomi Virus memutuskan bahwa harga mobil honda novel corona virus tersebut dinamakan  sebagai MERS-Cov. Virus ini tidak sama dengan corona virus penyebab Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), namun mirip dengan corona virus yang terdapat pada kelelawar.

Pada kurun waktu tiga bulan, sejak April s.d Juni 2013, jumlah infeksi MERS-Cov di dunia tercatat sebanyak 64 kasus (Saudi Arabia 49 kasus, Italia 3 kasus, United Kingdom 3 kasus, Perancis 2 kasus, Jordania 2 kasus, Qatar 2 kasus, Tunisia 2 kasus, dan Uni Emirat Arab 1 kasus) dengan 38 kematian.

Gejala dan Penularan MERS-Cov

Sebagian besar orang yang terinfeksi MERS-Cov berkembang menjadi penyakit saluran pernapasan berat dengan gejala gejala demam,  batuk, dan napas pendek. Sekitar separuh dari jumlah penderita meninggal. Sebagian dari penderita dilaporkan menderita penyakit saluran pernapasan tingkat sedang.

Sampai saat ini, masih terus dilakukan investigasi mengenai pola penularan MERS-Cov, karena telah ditemukan adanya penularan dari manusia ke manusia yang saling kontak dekat dengan penderita. Penularan dari pasien yang terinfeksi kepada petugas kesehatan yang merawat juga diamati. Selain itu, cluster dari kasus infeksi MERS-Cov di Arab Saudi, Jordania, the United Kingdom, Prancis, Tunisia, dan Italia juga diinvestigasi.

Vaksin dan Pengobatan

Hingga saat ini belum ada vaksin yang spesifik dapat mencegah infeksi MERS-Cov. Selain itu, belum ditemukan juga metode pengobatan yang secara spesifik dapat menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh MERS-Cov. Perawatan medis hanya bersifat supportive untuk meringankan gejala. Tes laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk MERS-Cov tersedia di Kementerian Kesehatan dan beberapa laboratorium internasional, namun tes tersebut bukan tes rutin.

Himbauan bagi Masyarakat yang Hendak Berpergian ke Negara-negara Arab

Masyarakat tetap bisa melakukan perjalanan atau berkunjung ke negara-negara Arabia Peninsula dan sekitarnya, karena World Health Organization (WHO) dan Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat tidak akan mengeluarkan surat travel warning tentang kesehatan kepada negara-negara yang terkait dengan MERS-Cov. Namun, hal yang perlu diantisipasi oleh masyarakat yang akan berpergian ke negara-negara tersebut, yaitu jika terdapat demam dan gejala sakit pada saluran pernapasan bagian bawah, seperti halnya: batuk, atau sesak napas dalam kurun waktu 14 hari sesudah perjalanan, segera periksakan ke dokter.

Untuk melindungi diri dari kejadian penyakit saluran pernapasan, hendaknya lakukan beberapa langkah pencegahan sebagai berikut: 1) Tutuplah hidung dan mulut dengan tisu ketika batuk ataupun bersin dan segera buang tisu tersebut ke tempat sampah; 2) Hindari menyentuh mata, harga hp samsung hidung dan mulut dengan tangan yang belum dicuci; 3) Hindari kontak secara dekat dengan orang yang sedang menderita sakit, misalnya ciuman atau penggunaan alat makan/minum bersama; 4) Bersihkan menggunakan desinfektan untuk membersihkan barang-barang yang sering disentuh.


Cara Daftar BPJS Lewat Online

Posted by: elang73

Tagged in: sports , myblog , gadgets

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS memang telah menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat Indonesia untuk dapat menikmati jaminan sosial dengan iuran yang lebih terjangkau. Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan yang bisa daftar lewat TV Online juga menjadi salah satu yang paling populer, terutama di kalangan pengusaha, karyawan atau bahkan para wirausaha dan tenaga kerja Bukan Penerima Upah (BPU).

Selain itu, pilihan pembayaran yang terjangkau per bulannya benar-benar menggoda dan tidak bisa diabaikan. Karena dengan iuran tersebut, anggota BPJS Ketenagakerjaan akan bisa menikmati layanan penjaminan seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), terdiri dari biaya pengangkutan tenaga kerja yang mengalami kecelakaan kerja, biaya perawatan medis, biaya rehabilitasi, penggantian upah Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB), santunan cacat tetap sebagian, santunan cacat total tetap, santunan kematian (sesuai label), biaya pemakaman, santunan berkala bagi yang meninggal dunia dan cacat total. Ada pula dua program lainnya seperti Jaminan Kematian yang akan menanggung biaya perawatan, pemakaman dan santunan berkala. Serta Jaminan Hari Tua (JHT) dimana anggota bisa mengambil seluruh iuran yang disetor beserta pengembangannya.

Lalu bagaimana jika Anda ingin mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Mandiri? Karena tidak seperti PNS dan karyawan, masyarakat yang bisa dikatakan mandiri baru bisa menikmati layanan BPJS Ketenagakerjaan jika sudah terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan Individu.

Sebenarnya cukup mudah mendaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan. Anda hanya perlu pergi ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat, atau jika belum terdaftar bisa mendaftar secara online di situs resmi BPJS Ketenagakerjaan dengan cara memasukkan data yang diperlukan.

Nah, sebelum Anda mendaftar layanan JKN BPJS Kesehatan ini, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Pertama adalah bahwa pekerja non-PBI (bukan Penerima Bantuan Iuran) diwajibkan untuk melakukan pembayaran premi setiap bulannya di bank atau layanan terdekat.

Kembali membahas syarat dan cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan lewat TV Online. Ada beberapa hal yang mungkin harus Anda siapkan terlebih dahulu. Yang tidak lain merupakan syarat dasar pembayaran BPJS Ketenagakerjaan. Dan sayaratnya sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Sukarela
  2. Usia maksimal 55 tahun
  3. Dapat mengikuti program Jamsostek secara bertahap dengan memilih program sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan peserta
  4. Dapat mendaftar sendiri langsung ke BPJS Ketenagakerjaan atau mendaftar melalui wadah/kelompok yang telah melakukan Ikatan Kerjasama (IKS) dengan BPJS Ketenagakerjaan

Sementara untuk persyaratan yang harus diserahkan atau disiapkan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Surat izin usaha dari RT/RW/Kelurahan setempat
  2. Fotokopi KTP Pekerja
  3. Fotokopi KK masing-masing Pekerja
  4. Pas Foto berwarna masing-masing Pekerja ukuran

Selanjutnya Anda hanya tinggal membayar iuran bulanan. Berbeda dengan pembayaran BPJS Kesehatan yang didasarkan pada kelas pelayanan di RS. Dimana

Kelas 1 membayar senilai Rp 59.500

Kelas 2 membayar senilai Rp 42.500

Kelas 3 membayar senilai Rp 25.500

Jumlah atau nominal iuran BPJS Ketenagakerjaan ditentukan oleh ukuran nominal angka tertentu. Yakni berdasarkan upah sekurang-kurangnya setara dengan Upah Minimum Provinsi/Kabupaten/Kota. Dengan rincian kalkulasi sebagai berikut:

Jaminan Kecelakaan kerja  1%

Jaminan Hari tua 2% (Minimal)

Jaminan Kematian 0.3%

Dan semua Iuran ini ditanggung sepenuhnya oleh peserta. Kecuali jika Anda merupakan karyawan atau PNS, maka iuran dipotong dari gaji Anda.

Dan untuk cara pembayaranya sendiri, pihak BPJS Ketenagakerjaan telah membuat peraturan, tata cara dan ketentuannya sendiri, yakni sebagai berikut :

  • Setiap bulan atau setiap tiga bulan dibayar di depan
  • Dibayarkan langsung oleh peserta sendiri atau melalui Penanggung Jawab Wadah/Kelompok secara lunas
  • Pembayaran iuran melalui Wadah/Kelompok dibayarkan pada tanggal 10 bulan berjalan disetorkan ke Wadah/Kelompok, dan tanggal 13 bulan berjalan Wadah/Kelompok setor ke BPJS Ketenagakerjaan
  • Pembayaran iuran secara langsung oleh Peserta baik secara bulanan maupun secara tiga bulanan dan disetor paling lambat tanggal 15 bulan berjalan
  • Dalam hal peserta menunggak iuran, masih diberikan grace periode selama satu bulan untuk mendapatkan hak jaminan program yang diikuti
  • eserta yang telah kehilangan hak jaminan dapat memperoleh haknya kembali jika peserta kembali membayar iuran termasuk satu bulan iuran yang tertunggak dalam masa grace periode.

Pendaftaran sendiri bisa dilakukan dengan dua cara berbeda. Yang pertama adalah dengan mendatangi langsung kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Dan yang kedua adalah dengan mendaftar dari kantor atau rumah secara online.

Untuk mendaftar secara online juga cukup mudah kok. Anda hanya perlu Anda hanya perlu masuk ke website resmi BPJS Ketenagakerjaan, kemudian klik pada tombol daftar yang ada di sebelah kanan bawah halaman utama.

Selanjutnya Anda akan dialihkan ke halaman pendaftaran. Di sini Anda hanya perlu mengisi kolom informasi yang dibutuhkan dengan data yang sebenar-benarnya. Kemudian klik pada tombol Daftar. Anda akan dimintai informasi yang lebih lengkap. Isi lagi semuanya dan setelah semua diisi, klik daftar. Selanjutnya ikuti saja langkah yang diminta hingga pendaftaran selesai.

Bagaimana, mudah dimengerti bukan? Sekarang Anda bisa pergi ke kantor layanan BPJS Ketenagakerjaan terdekat untuk mendaftar sesegera mungkin. Atau bisa juga lewat jalur online. Semoga artikel ini bisa membantu Anda, terima kasih.


Tenaga Kesehatan Lingkungan Belum Ideal

Posted by: rokib

Tagged in: Untagged 

Tenaga ahli kesehatan lingkungan di Jateng saat ini dinilai masih sangat jauh dari ideal. Berdasarkan data dari harga mesin bekas Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (Hakli) Jateng, dari sekitar 30 juta penduduk provinsi ini

idealnya di dampingi 10 ribu ahli kesehatan lingkungan (saniatarian), namun saat ini hanya ada 2.000.”Jumlah tersebut sangat tidak ideal, karena satu sanitarian mesti melayani lebih 100 ribu penduduk. Satu tenaga itu pun harus juga bertugas membantu bagian lain dalam sebuah institusi seperti rumah sakit, atau dengan kata lain tugasnya sebagai santiarian hanya diperbantukan,” ungkap Ketua Hakli Jateng Ardian Neppie pada lokakarya Himpunan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Tenaga Kesehatan Lingkungan Jateng di Hotel Grasia, baru-baru ini.

Menurut dia idealnya setiap 100 ribu penduduk perlu mendapat pendampingan tenaga sanitari sebanyak 30 ribu. Dengan demikian, tugasnya bisa maksimal dalam memberi masukan ke masyarakat harga mesin cuci bagaimana menata kesehatan lingkungan yang benar agar tidak menimbulkan berbagai macam penyakit.

Ia menambahkan tenaga sanitarian selama ini menyebar di berbagai bidang profesi. Seperti di rumah makan, perhotelan, rumah sakit, pariwisata, hingga perusahaan pertambangan untuk menangani aspek kesehatan lingkungan. Tenaga sanitasi ini terbagi atas berbagai jenjang pendidikan, mulai lulusan setingkat sekolah menengah atas (SMA) sampai doktor.”Bidang pekerjaannya melakukan pengawasan agar sanitasi berfungsi secara baik,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng dokter Yulianto Prabowo mengakui, keterbatasan sanitarian memang menyebabkan tugas yang diembannya berjalan dengan baik. Sebab, satu sanitarian harus mesin es krim membawahi wilayah luas dan jumlah penduduk yang banyak pula.”Misalnya saja satu sanitarian puskesmas bertugas mengawasi kesehatan lingkungan satu wilayah kecamatan,” katanya.

Persoalan kesehatan lingkungan ini, kata dia, belum dipahami oleh sebagian warga masyarakat. Tak sedikit yang kurang peduli terhadap kesehatan lingkungan itu.”Pada masa yang datang pemerintah lebih fokus pada pelaksanaan pembangunan
yang berkelanjutan dan pengembangan wilayah yang berkesadaran lingkungan. Sementara pihak pengguna infrastruktur dalam hal ini masyarakat secara keseluruhan harus disiapkan dengan kesadaran lingkungan yang lebih baik,” ujarnya.

Terlebih dalam era globalisasi, tuntunan mutu pelayanan kesehatan lingkungan juga tidak dapat dielakkan lagi. Karena pada era globalisasi memberi peluang terjadinya persaingan kualitas pelayanan kesehatan harga mesin jahit oleh berbagai jenis tenaga kesehatan lingkungan dari dalam luar negeri.”Oleh karena itu sanitarian  atau ahli kesehatan lingkungan harus mampu bersaing dengan profesi sanitarian atau ahli kesehatan lingkungan negara lain,


Menanti Peran Pemda di BPJS Kesehatan

Posted by: rokib

Tagged in: Untagged 

Hampir genap tiga tahun sistem BPJS Kesehatan diterapkan. Terlepas dari masih banyaknya keluhan para pesertanya, sebenarnya ada peran dan tanggung jawab pemerintah daerah (Pemda) yang tak boleh dilupakan.


 
“Ada banyak hal yang bisa dilakukan Pemda untuk memperkuat pelaksanaan BPJS Kesehatan ini,” kata Ketua Komisi IV DPRD Kota Batam, Ricky Idrakari, Jumat (9/9).

Yang paling mendasar, kata Ricky, pemerintah harus meningkatkan ketersedian fasilitas kesehatan, terutama di rumah sakit pemerintah (RSUD). Selain jumlah tenaga medis serta dokter spesialis, kapasitas alat kesehatan (alkes) juga harus terus ditingkatkan. Sehingga tidak ada lagi penumpukan pasien BPJS Kesehatan di rumah sakit swasta.

Tidak hanya di RSUD, Ricky menyebut peningkatan fasilitas kesehatan juga penting dilakukan di tingkat Puskesmas. Dengan sarana kesehatan yang memadai di tingkat Puskemas, maka akan semakin sedikit pasien yang dirujuk fasilitas kesehatan tingkat lanjutan.

Dengan begini, penumpukan pasien di rumah sakit swasta yang kerap memicu lambatnya pelayanan bisa diminimalisir. Maklum, umumnya fasilitas di rumah sakit swasta lebih lengkap.

“Sekarang ini kondisinya berbeda. Rumah sakit itu seperti Puskesmas raksasa. Semua pasien menumpuk di sana,” kata politikus PKS ini.

Selain menghindari penumpukan pasien, kelengkapan fasilitas kesehatan di daerah juga meminimalisir adanya rujukan pasien ke rumah sakit di luar kota. Karena ini akan menimbulkan persoalan baru bagi pasien.

Selain meningkatkan sarana kesehatan dan penambahan tenaga medis, pemerintah daerah juga bisa melakukan langkah promotif dan preventif kesehatan di masyarakat. Lagi-lagi melalui peran Puskesmas. Dengan pendekatan promotif preventif ini, diharapkan mampu menaikkan tingkat kesehatan di masyarakat. Artinya, makin sedikit warga yang sakit.

Dengan maksimalnya peran Puskesmas, baik dalam pencegahan maupun penanganan pasien, maka tingkat nama bayi kunjungan pasien BPJS Kesehatan juga bias terus ditekan. Sehingga BPJS Kesehatan tak lagi dibayang-bayangi defisit setiap tahunnya.

Kepala BPJS Kesehatan KCU Batam, Budi Setiawan, sependapat dengan Rikcy. Menurut dia, BPJS  Kesehatan tak bisa sendirian memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat. Perlu dukungan dan andil dari pemerintah setempat.

Menurut Budi, saat ini terjadi ketimpangan antara demand dan supply. Dari data BPJS Kesehatan Batam, jumlah pendaftaran (demand) peserta BPJS Kesehatan terus meningkat. Sementara ketersediaan (supply) fasilitas dan sarana kesehatan tidak mengalami pertumbuhan yang signifikan.

“Itulah sebabnya sering terjadi penumpukan pasien di rumah sakit,” kata Budi.

Dia membantah, jika masalah ini sebenarnya lebih disebabkan oleh euforia masyarakat pemegang kartu BPJS Kesehatan. Di mana mereka ramai-ramai menggunakan akses kesehatan tersebut dengan mendatangi fasilitas kesehatan yang ada, meskipun sebenarnya tidak sedang sakit serius.

“Ini namanya insurance effect. Dulunya mereka tak ke dokter karena tak memiliki akses kesehatan,” katanya.

Tentu, Pemko Batam membantah jika disebut tak berperan dalam pelaksanaan BPJS Kesehatan ini. Bahkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, drg Chandra Rizal, menyebut pihaknya sudah menjalankan program Batam Sehat untuk mendukung program jaminan kesehatan nasional (JKN) yang selenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Melalui program Batam Sehat ini, kata Chandra, pihaknya memperkuat sarana dan prasarana di tingkat dasar atau primer. Yakni di tingkat Puskesmas yang saat ini jumlahnya 17 unit di seluruh Batam, serta 56 Puskesmas pembantu (Pustu) dan polindes yang jumlahnya kurang lebih sama.

“Jadi pasien dengan penyakit kronis pun bisa diselesaikan di Puskesmas, tak harus dirujuk ke rumah sakit,” katanya.

Penguatan sarana dan prasarana di tingkat puskesmas ini kemudian dilanjutkan dengan beberapa program promotif dan prefentif lainnya. Misalnya memaksimalkan program penyuluhan kesehatan kepada masyarakat melalui kader posyandu yang menurut Chandra saat ini sudah mencapai 3.850 orang.

“Kalau posyandu nya sekitar 450 lebih,” katanya.

Kepala UPT Puskesmas Batuaji, dr Harri Fajri Zisoni, mengamini pernyataan Kadinkes Batam itu. Menurut dia, puskesmas terus memaksimalkan kinerjanya sesuai dengan fungsinya sebagai gate keeper pelayanan kesehatan secara nasional.

Dia menjelaskan, dalam kerangka kerja Puskesmas sebagai gate keeper ini, semua Puskesmas di Batam berupaya meminimalisir jumlah masyarakat yang sakit. Bukan semata-mata fokus untuk mengobati pasien.


 Tubuh Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyatakan bakal hentikan sesaat kepesertaan BPJS Kesehatan apabila terlambat lakukan pembayaran iuran kepesertaan.

Ketentuan baru ini berlaku dengan maksud untuk tingkatkan kesadaran peserta pada utamanya membayar iuran dengan cara teratur.

" Peserta BPJS Kesehatan harga hp yang terlambat membayar iuran dalam sebulan akan tidak dipakai denda keterlambatan, namun kepesertaannya segera dinon-aktifkan, " kata Direktur Hukum, Komunikasi, serta Jalinan Antar-lembaga BPJS Kesehatan Bayu Wahyudi di Kantor BPJS Kesehatan, Jakarta, Rabu (14/9/2016).

Menurutnya, ketentuan baru ini sesuai sama Ketentuan Presiden (Perpres) Nomer 19 Th. 2016 mengenai Jaminan Kesehatan yang telah di tandatangani Presiden Joko Widodo pada Maret 2016 lantas.

Ketetapan baru itu berlaku untuk peserta bukanlah penerima gaji (PBPU) serta pekerja penerima gaji (PPU).

Maksud pemberlakuan ketentuan baru ini untuk tingkatkan kesadaran peserta pada utamanya membayar iuran dengan cara teratur. Pasalnya, dalam perubahan program BPJS Kesehatan, banyak peserta yang telah memakai sarana, namun tidak ingin memikul beban iuran.

Bayu menerangkan, di ketentuan lama, peserta BPJS Kesehatan yang telat membayar iuran bakal dipakai denda sebesar dua % dari keseluruhan tunggakan. Batas toleransi menunggak yaitu sepanjang tiga bln..

Pada ketentuan baru, service yang dinon-aktifkan sesaat lantaran telat membayar iuran bisa kembali aktif bila peserta penjaminan membayarkan iuran dengan jumlah iuran yang tertunggak.

Dengan status kembali aktif, peserta dapat memperoleh service kesehatan yang ditanggung BPJS Kesehatan pada sarana kesehatan tingkat pertama (FKTP) serta rawat jalan pada sarana kesehatan referensi tingkat kelanjutan (FKRTL).


Seringlah Konsumsi Cabai Hijau, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan

Posted by: soberius

Tagged in: Untagged 

 Beberapa orang suka pada cabai hijau lantaran rasa serta aromanya lebih fresh. Nyatanya, cabai hijau berguna juga untuk kesehatan.

Dalam cabai hijau memiliki kandungan banyak vitamin A, C, B6, serta zat besi, tembaga, kalium dan beberapa kecil protein serta karbohidrat. Karenanya, cabai hijau jadi satu diantara kelompok cabai yang sehat, ditulis laman Beautyhealthtips, Minggu (11/9/2016).

Cabai hijau memiliki kandungan banyak vitamin Hidangan pedas dalam cabai hijau bakal membuahkan pendinginan badan lewat sistem keringat.

Menggigit cabai hijau menolong melarutkan darah beku, serta menolong pencernaan. Konsumsi itu bakal menolong harga kosmetik wardah banyak permasalahan berkaitan jantung Anda.

Diluar itu, cabai hijau juga menolong tingkatkan metabolisme dengan membakar kalori Anda. Jumlah tinggi anti-oksidan serta beta karoten yang terdapat dalam cabai hijau mensupport system kardiovaskular banyak.

Tingkatkan imunitas

Cabai hijau memiliki kandungan banyak vitamin Saat ini beberapa orang mempunyai permasalahan dengan harga cream ashanty system kekebalan yang rendah. Tersebut argumen kita kerap sakit. Namun bila konsumsi cabai hijau dengan teratur, bakal menolong tingkatkan kekebalan badan.

Kaya vitamin C, pastinya satu diantara langkah jadi sehat. Produksi panas yang dihasilkan dari cabai bikin hidung Anda yang sampai kini terhalang jadi plong.

Tangani anker prostat

Cabai hijau memiliki kandungan banyak vitamin Tiap-tiap orang yang konsumsi cabai hijau dengan teratur bakal menolong jauh dari kanker prostat. Sesudah umur 45-50 tiap-tiap pria mempunyai resiko terserang kanker prostat.

Langkah alami menghindarnya dengan konsumsi cabai hijau dengan teratur, tak tahu digabung dengan kari atau dikonsumsi cream ashanty mentah cabai hijau bakal bekerja dengan cara ajaib.

Bila Anda mempunyai gen kanker prostat baiknya mengkonsumsi dengan cara segera.

Situasi hati jadi baik

Cabai hijau memiliki kandungan banyak vitamin Beberapa besar orang kerapkali alami pergantian situasi hati. Tak tahu lantaran kemelut dirumah, kantor bikin refleksi di muka. Cabai hijau yaitu vegan baik yang kirim endorfin ke otak.

Hingga menolong menaklukkan mood. Pastinya situasi hati Anda juga jadi baik. Tanpa ada diakui sesudah konsumsi makanan pedas, Anda jadi bahagia.


Aplikasi Jamkesmas

Opini

Program Ini Harus Serius Dilaksanakan


Terkait dengan peluncuran program pelayanan terbaru ini, Bupati HT Alaidinsyah berharap program yang telah menggunakan jasa konsultan tersebut diharapkan harus serius dilaksanakan secara maksimal, dan tercapai seperti yang telah ditargetkan.“Tujuannya supaya bermanfaat bagi masyarakat, janganlah pelayanan secara islami ini hanya sebuah retorika semata,” pinta bupati.Terkait ucapan tahu...   Read more

Oleh: , 30 Sep 2016.

Ratusan Kades di Tasik Tak Dilindungi Jaminan Kesehatan


Ratusan kepala desa di Kabupaten Tasikmalaya nyatanya sampai saat ini tidak dilindungi oleh jaminan ataupun asuransi kesehatan, baik sejenis Jamkesmas, Jamkesda bahkaan BPJS Kesehatan. Fakta ini cukup mencengangkan sekaligus ironis, mengingat peran dari para kepala desa selama ini justru membantu masyarakatnya untuk mendapatkan jaminan maupun pelayanan kesehatan yang layak.Saat ini diperlukan jami...   Read more

Oleh: , 25 Sep 2016.

Mari Mulai Rutin Cek Kesehatan Jantung di Hari Jantung Sedunia 2016


 SETIAP tahunnya, semua dunia mengadakan World Heart Day (WHD) atau Hari Jantung Sedunia pada tanggal 29 September. Th. ini, WHD diperingati dengan promosi utamanya teliti kardiovaskular dengan cara berkala untuk kesehatan jantung.Penyakit kardiovaskuler (penyakit jantung serta stroke) yaitu penyebabnya kematian nomer satu didunia. Penyakit ini sudah mengonsumsi korban sejumlah 17, 3 juta ora...   Read more

Oleh: , 25 Sep 2016.

Potensi Fraud JKN Capai Rp400 Miliar


Potensi kerugian Asuransi Kesehatan Nasional (JKN) sebagai akibat dari penipuan (fraud) mencapai lebih dari Rp400 miliar. Angka yang disampaikan Badan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan masih perlu dieksplorasi lebih lanjut.   Read more

Oleh: , 23 Sep 2016.

Berkenalan dengan Middle East Respiratory Syndrome (MERS)


Middle East Respiratory Syndrome (MERS) merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh corona virus yang disebut Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-Cov), yang pertama kali dilaporkan pada tahun 2012 di Arab Saudi.Virus ini berbeda dengan coronavirus lain yang telah ditemukan sebelumnya, sehingga kelompok studi corona virus dari Komite Internasional untuk Taksonomi Virus memutuskan b...   Read more

Oleh: , 22 Sep 2016.

Poling

Menurut anda, dengan penggunaan software INA DRG, apakah masih ada penyimpangan klaim?




Results

Produk Peraturan

Surat Edaran Menteri Kesehatan Tentang Penggunaan Database Kepesertaan Program Jamkesmas

Lihat semua Surat Edaran

Agenda

October 2016
S M T W T F S
25 26 27 28 29 30 1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31 1 2 3 4 5

Tamu Online

We have 201 guests online

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini920
mod_vvisit_counterKemarin5740
mod_vvisit_counterMinggu ini39870
mod_vvisit_counterMinggu Kemarin56376
mod_vvisit_counterBulan ini920
mod_vvisit_counterBulan Kemarin256533
mod_vvisit_counterKeseluruhan23184275