Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan

Opini

Artikel, Opini, dan berita lain
Category >> Opini

Pembangunan Kesehatan Daerah Dimulai Dari Puskesmas

Posted by: rokib

Tagged in: Untagged 

Kementerian Kesehatan menghimbau pemerintah daerah untuk tingkatkan service manfaat mensupport pembangunan kesehatan di daerah.

Kepala Biro Komunikasi serta Service Orang-orang Kementerian Kesehatan Oscar Primadi menyampaikan Kementerian Kesehatan mengutamakan 19 propinsi dalam tujuan pembangunan kesehatan nasional sampai 2018. Satu diantaranya di Sulawesi Selatan, terlebih di lokasi Kota Makassar.

Menurut dia, Puskesmas Kassi-Kassi di Sulawesi Selatan sebagai puskesmas percontohan bisa jadi ikon yang bisa ditularkan lewat program inovatif lewat pendekatan keluarga. Standard Service Minimum (SPM) mesti memberi service yang mutlak. Misalnya, lewat home care pada penyakit berbasiskan tingkah laku dan telemedicine berbasiskan service kesehatan dengan cara on-line.

Oleh karena itu, Makassar Home Care memperoleh penghargaan Top Innovation 2015 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara serta Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

" Pembangunan kesehatan di Indonesia harga paket perlengkapan bayi baru lahir  mesti dikenalkan berbentuk inovasi-inovasi ke khalayak. Satu diantaranya yang sudah dikerjakan oleh Dinkes Kota Makassar, Sulsel, " terangnya seperti diambil dalam siaran pers, Kamis (19/1).

Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Sulsel Rachmat Latief mengatakan ada 89 tempat tinggal sakit serta 453 puskesmas di wilayahnya. Spesial di Kota Makassar ada 46 puskesmas serta th. depan jadi 47 puskesmas.

" Puskesmas di Sulsel diberdayakan untuk penambahan pendanaan promotif serta preventif dan penambahan efektivitas pembiayaan kesehatan. Jadi, jalurnya terang lantaran Sulsel pilar paling utama pembangunan nasional serta simpul jejaring akselerasi kesejahteraan sampai 2018, " jelas Dr. Rachmat.

Dia mengharapkan keadaan itu mesti di dukung dengan ketersediaan dokter. Satu diantara pemecahannya dengan penyediaan tenaga dokter kontrak untuk mempercepat sistem service kesehatan orang-orang.

Selanjutnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin menyampaikan dalam mensupport program pemerintah nasional itu, pihaknya sudah lakukan beberapa penambahan service, intinya service puskesmas.

Dinas Kesehatan Kota Makassar menunjukkan kesiapan pembangunan kesehatan berbasiskan pendekatan keluarga lewat penghargaan sertifikasi pada 10 puskesmas yang dinyatakan lulus akreditasi oleh Komisi Sarana Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kemenkes 2015/2016.

“Kami berusaha bangun semua 46 puskesmas kota supaya service kesehatan rata. Untuk tingkat kota, kami barusan terima penghargaan atas akreditasi 10 puskesmas, ” ungkap Naisyah.

Kesuksesan itu diapresiasi dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-52 pada 2016 sekian waktu lalu.

“Puskesmas Jongaya itu akreditasi paling utama, sesaat Tamalanrea serta Pattingalloang terima akreditasi madya, dan untuk Puskesmas Perumnas Antang, Tarakan, Malimongang, Batua, Makkasau, Sudiang Raya serta Dahlia akreditasi basic, ” terang Naisyah.


Cegah Balita Gizi Kurang, UI Edukasi Masyarakat

Posted by: soberius

Tagged in: Untagged 

 Permasalahan gizi jelek yaitu problema yang masihlah dihadapi orang-orang di Indonesia. Menurut angka Penelitian Kesehatan Basic (Riskesdas) dari Kementerian Kesehatan, angka nasional gizi kurang pada 2013 yaitu 19, 6%.

Desa Sujung di Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Propinsi Banten diambil sebagai tempat dedikasi Kampus Indonesia pada orang-orang, September-Desember 2016 lantas. Berdasar pada hasil survey yang dikerjakan Fakultas Kedokteran UI, tingginya status gizi kurang di desa Sujung bikin Direktorat Penelitian serta Dedikasi Orang-orang UI lakukan program tersebut di desa itu.

Tim dari Departemen Pengetahuan Gizi FKUI RSCM mengadakan program Mencegah Balita Gizi Kurang Lewat Aplikasi Edukasi Gizi serta Pemakaian Bahan Makanan Lokal. Orang-orang diedukasi lewat modul CITA (Cerdas, Bergizi, Trampil serta Aktif). Tim mengedukasi kader inti Posyandu serta guru PAUD untuk jadi kader CITA untuk menebarkan materi ke kader serta guru yang lain.

" Kader CITA yang telah dilatih diinginkan bisa menebarkan pengetahuan gizi yang dipunyai pada orang-orang, hingga semakin banyak orang-orang yang teredukasi tentang gizi seimbang. Diluar itu, ibu sebagai ujung harga mederma tombak gizi anak diinginkan dapat mandiri untuk menghidangkan makanan bergizi seimbang yakni yang beragam, padat gizi dirumah untuk anak serta membawa anak ke Posyandu untuk mengecheck perkembangan anak, " kata dr Rina Agustina, Ketua Tim FKUI.

Manfaat menghindar gizi jelek, tim meningkatkan modul tentang pengetahuan gizi seimbang dengan memberi info tentang gizi, hidup bersih, pola asuh orang-tua yang baik dan perlakuan gizi jelek. Pemberdayaan bahan pangan lokal manfaat menangani gizi jelek ini dapat dikerjakan tim di lapangan berdasar pada keadaan yang didapati di desa Sujung.

" Kami mengharapkan dari hasil train of trainer Modul Cita beberapa kader serta guru PAUD bertambah pengetahuannya jadi makin baik tentang gizi seimbang, gaya hidup bersih serta sehat dan pola asuh yang baik untuk anak balita. Dengan meningkatnya pengetahuan mereka, harapannya disertai dengan kesadaran serta kekuatan dari mereka untuk jadi agent of change, mengemukakan pengetahuan mereka ke orang-orang, " tutur dr Rina.

" Terlebih ibu serta keluarga yang mempunyai anak balita terutama untuk menghidangkan makanan bergizi seimbang serta memonitor perkembangan anak. Hingga diinginkan angka gizi kurang (stunting) sebesar 35% di daerah itu bisa menyusut. "

Dengan edukasi serta promosi gizi yang telah digiatkan diinginkan kesadaran orang-orang tentang gizi kurang dapat ditingkatkan. Orang-orang juga tak akan memakai sungai sebagai pusat mandi, membersihkan, dan buang air. Tidak dapat dilupakan kebersihan dengan membersihkan tangan sebelum makan serta setelah buang air. Fungsi orang-tua dalam pengasuhan anak di desa Sujung diinginkan bertambah setelah proses program Mencegah Balita Gizi Kurang ini.


PLN Berbagi Kesejahteraan Sosial dan Kesehatan Masyarakat

Posted by: rokib

Tagged in: Untagged 

Semangat PLN untuk mengabdi pada negeri selalu dikobarkan. Terkecuali tetaplah menggerakkan sistem bisnisnya dalam pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan, sesuai dengan program pemerintah 35. 000 MW, PLN juga mempunyai kepedulian pada orang-orang Indonesia terutama yang tinggal di daerah proyek pembangunan.

Ini adalah bentuk perwujudan konkrit yang dikerjakan oleh PLN lewat program Corporate Social Responsibility (CSR). Sebagai satu diantara unit PLN yang konsentrasi pada pembangunan proyek, PT PLN (Persero) Unit harga perlengkapan bayi Induk Pembangunan Jawa Sisi Barat (UIP JBB) berperan aktif dalam menolong mensejahterakan warga sekitaran proyek pembangunan. Pada th. 2016 ini ada banyak program CSR unggulan yang digelindingkan oleh PLN UIP JBB salah satunya :

1. Program Penambahan Gizi Baik Untuk Ibu Hamil, Balita serta Manula, Program pertolongan Kesehatan, serta Program Wiraswasta pada warga pada 20 September 2016. Berada di Kelurahan Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat.
2. Pertolongan Program MCK (Mandi Bersihkan Kakus), Pertolongan Pengadaan Peralatan Tempat tinggal tahfidz, serta pertolongan Pengembangan Tambak pada 6 Oktober 2016 berada di Desa Lontar, Tangerang.
3. Program penanaman pohon Mangrove, berada di Lontar, Tangerang pada 13 Oktober 2016.

Program Penyuluhan Ketenagalistrikan serta kesehatan, Penyerahan Simbolis program penambahan gizi baik untuk ibu Hamil, Balita serta Manula, Peresmian Program Pengecatan Pemukiman, Peninjauan Program Wiraswasta Warga, Peninjauan Program pemberian Bak Sampah Umum serta Peninjauan harga susu bayi Program Penambahan Fasilitas Umum, yang berjalan pada 21 Desember 2016, berada di Kantor Sekretariat RW 15, Kapuk, Cengkareng. General Manager PLN UIP JBB, Robert Aprianto Purba mengemukakan kalau tempat dari proses CSR ini telah pas tujuan.

“Target serta tempat proses CSR UIP JBB ini digerakkan sesuai sama Social mapping yang dikerjakan oleh tim CSR UIP JBB. Hal semacam ini didasarkan pada tempat yang disebut Ring 1 dari tempat proyek pembangunan di bawah UIP JBB seperti daerah Kapuk yang tempatnya berdekatan dengan GIS 150 kV Daan Mogot, dan Desa Lontar yang tempatnya berdekatan dengan Pembangkit Listrik Tenaga Gas & Uap (PLTGU) Lontar, " ungkap Robert dalam siaran persnya yang di terima Warta Kota pada Kamis (22/12).

Ini adalah peristiwa puncak atas program CSR PLN UIP JBB 2016. Di dalam kesibukannya, pihak manajemen menyempatkan diri untuk sharing edukasi kelistrikan pada orang-orang.

Video edukasi kelistrikan dan sebagian materi mengenai PLN dibawakan oleh Bambang Bayu Adji, Manajer Hukum, Komunikasi serta Pertanahan PLN UIP JBB.

Sebagian video edukasi seperti perduli instalasilistrik, listrik aman waktu musim hujan dan faedah 1 kWh untuk kehidupan keseharian dikaji dengan cara ketertarikan oleh warga RW 15 Kelurahan Kapuk.

Peristiwa ini dapat dipakai oleh Bayu untuk sharing cerita berkaitan keadaan kelistrikan di Indonesia dan tantangan dalam hadapi listrik 35. 000MW.

" Listrik adalah segi paling utama dalam aktivitas ekonomi, listrik tingkatkan mutu kehidupan. Marilah generasi muda, menolong wujudkan program listrik untuk kehidupan yang tambah baik, ” papar Bayu.

Terkecuali memberi harga susu ibu hamil edukasi kelistrikan, PLN juga lakukan seremonial peresmian program pengecatan tempat tinggal warga di sekitaran GIS 150kV Daan Mogot.

Acara dengan cara resmi di buka oleh manajemen PLN UIP JBB dan peninjauan program wiraswasta berbentuk mie ayam oleh warga Kapuk.

PLN sebagai satu diantara BUMN paling besar di Indonesia selalu berusaha mensinergiskan aktivitas usaha yang digerakkan dengan segi penambahan skala hidup orang-orang.

Program CSR UIP JBB 2016 dengan cara resmi ditutup pada 21 Desember 2016, tetapi program CSR PLN UIP JBB periode 2017 bakal jalan sebagai perwujudan dari prinsip serta kepedulian PLN.


Bunga Mawar Putih Gantikan Dasi dan Jas

Posted by: aeni

Tagged in: Untagged 


PELANTIKAN dan pengukuhan 720 orang pejabat baru pada organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Klaten, lain dari biasanya. Bukan karena sempat tertunda gara-gara ada operasi tangkap tangan (OTT) KPK serta dihadiri Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Sekda Jateng, Sri Puryono dan Sekretaris Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri, Anselmus Tan.

Lalu apa?

Pelantikan dan pengukuhan di Pendapa Pemkab itu terlihat beda sebab tidak terkesan formal dan kaku. Pakaian yang dikenakan Hanin Dhiya bukan jas dan dasi rapi seperti jamaknya. Para PNS hanya mengenakan stelan bawahan hitam dan atasan putih. Mengenakan peci hitam dan wanita yang berjilbab warnanya merah. Di dada setiap PNS tertempel setangkai bunga mawar putih segar. Aromanya saat pagi bisa tercium di ruangan pendapa yang luas. ’’Baru kali ini pelantikan menggunakan bunga mawar,’’ kata Kepala Unit Pembiayaan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Pemkab Klaten, Nurcholis Arief.

Nur yang berada di deretan kursi pojok belakang sudah ikut pelantikan sebanyak tiga kali. Namun baru kali pertama ada pelantikan diminta mengenakan setangkai bunga mawar di dada. Bunga itu didapatnya dari panitia pelantikan sebab dari rumah tidak mungkin mencari bunga mawar putih sendiri. Sebab diminta dikenakan maka dikenakan sampai selesai acara.

Maksudnya apa, sedari awal dirinya tidak tahu. Namun setelah dijelaskan Plt Bupati, dirinya baru plong makna penggunaan bunga mawar itu. Nurcholis mengatakan sebelum OTT KPK dirinya juga diundang ikut pelantikan dan pengukuhan. Setelah OTT KPK pun dirinya diundang bersama pejabat eselon lain di dinasnya. Dirinya hanya dikukuhkan pada jabatan dan eselon yang sama, tidak promosi.

Bekerja Jujur

Selain Nurcholis, Kabid Pencegahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Klaten, Budi Prasetyo mengatakan hal yang sama. Bertahun-tahun berdinas di Pemkab Klaten dan dilantik, baru kali pertama pelantikan tidak mengenakan jas dan dasi. ’’Biasanya dasi dan jas rapi. Ini diberi bunga mawar,’’ ungkapnya.

Pelantikan yang mengenakan bunga mawar baru kali ini dialaminya. Maksudnya apa dirinya juga tidak tahu, meski sempat bertanyatanya dalam hati.

Apa maksudnya?

Plt Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan pengenaan bunga mawar ada beberapa maksud. ’’Tujuannya pertama, mulai hari ini PNS harus bekerja dengan jujur. Hati dan pikiran yang putih melayani masyarakat, bukan pikiran kotor memperkaya diri,’’ kata dia.

Bunga mawar itu juga memiliki makna indah untuk menjadikan Klaten kembali bersinar. Mawar itu pun aromanya wangi sehingga jika PNS bekerja dengan tulus maka hasilnya akan wangi semerbak. Wanginya akan menembus batasbatas tidak saja wilayah tetapi juga negara dan bangsa. Untuk itu para PNS yang dilantik diharapkan segera bekerja dengan baik. OTT KPK pada 30 Desember bukan berarti langit sudah runtuh dan dunia Klaten kiamat.


Kominfo siap dukung adopsi aplikasi kesehatan

Posted by: rokib

Tagged in: Untagged 

Kementrian Komunikasi serta Informatika (Kominfo) siap bangun akses internet untuk pusat kesehatan orang-orang (puskesmas) supaya dapat mensupport aplikasi kesehatan di daerah ketinggalan.

“Mari memikirkan pragmatis untuk konsentrasi bangun konektivitas internet di daerah ketinggalan yang dijelaskan pada Perpres 131 Th. 2015. Kominfo bakal bekerja bersama dengan Kementerian Kesehatan harga promo untuk lakukan pemetaan 122 kabupaten yang masuk sebagai daerah ketinggalan untuk bangun akses internet, ” tegas Menkominfo Rudiantara pada Public Expose “Nusantara Sehat " di Usmar Ismail Hall Jakarta, sepertidikutip dari laman Kominfo (12/1).

Rudiantara menerangkan butuh dikerjakan pengembangan aplikasi kesehatan untuk orang-orang. “Kita cobalah ajak masyakat untuk kembangkan aplikasi yang diperlukan, lantaran mereka yang lebih tahu aplikasi kesehatan apa yang diperlukan. Sekarang ini kita mempunyai aplikasi Hello Doctor untuk mempermudah orang-orang berkonsultasi dengan dokter. Karenanya saya mendorong timbulnya aplikasi kesehatan yang lain, ” tuturnya.

Menurut Menteri Rudiantara, persoalan kesehatan di Indonesia sekarang ini jadi masalah lintas bidangal, bukan sekedar Kementerian Kesehatan saja. Hingga tiap-tiap segi gosip kesehatan sama-sama berkaitan serta memerlukan kolaborasi, prinsip serta usaha lintas bidang supaya tujuan pembangunan kesehatan terwujud.

" Lewat Program Nusantara Sehat promo borma diinginkan dapat melakukan program dengan cara terintegrasi serta memberi service kesehatan dengan cara maksimal terutama di daerah terpinggir, " katanya.

Menkominfo mengharapkan pemerintah dapat bangun system kesehatan yang tambah baik. “Saat ini kita tak akan cuma memikirkan bidangal, namun mesti terintegrasi antar Kementerian. Semuanya mesti pergi dari segi orang-orang. Make it sederhana, kita saksikan berapakah puskesmas pada titik merah yang belum tersambung internet, lalu kita bakal bangun akses internet disana, ” ujarnya.


Menkes Sebut Pemerataan Kesehatan Jadi Tantangan Pemerintah

Posted by: soberius

Tagged in: Untagged 

 Menteri Kesehatan (Menkes), Nila F Moeloek, menyampaikan, pemerataan kesehatan di semua Indonesia adalah tantangan pemerintah. Program Nusantara Sehat (NS) diinginkan bisa jadi satu diantara usaha kurangi kesenjangan kesehatan di daerah.

" Dulu ada Inpres yang mewajibkan tenaga kesehatan ke daerah. Tetapi, terakhir Inpres itu telah tak ada. Jadi, begitu sulitnya kita lakukan pemerataan namun bagaimanapun pemerataan selalu kita usahakan, " kata Nila dalam diskusi " Bangun Kesehatan Indonesia dari Pinggir " di Jakarta, Kamis (12/1).

Menkes menyampaikan, mulai sejak 2015 Kemkes mulai menebar tenaga kesehatan yang bersedia mengabdi di daerah pinggir melalui program NS. Indonesia, kata dia, mempunyai persoalan maldistribusi tenaga harga jafra kesehatan hingga diperlukan terobosan dalam bagian penguatan service kesehatan satu diantaranya dengan kirim tenaga kesehatan lewat program Nusantara Sehat ke daerah perbatasan, ketinggalan serta kepulauan (DPTK) serta daerah punya masalah kesehatan (DBK).

Sebagian inovasi, lanjut dia, dikerjakan melalui NS dengan melibatkan golongan muda untuk pembangunan pada umumnya, terutama dalam pembangunan kesehatan. Nusantara Sehat diinginkan bisa isi kekurangan-kekurangan berkaitan kesehatan di DPTK serta DBK.

Menkes menilainya, jiwa muda beberapa anggota tim Nusantara Sehat bukan sekedar memberi alternatif jalan keluar permasalahan kesehatan namun juga membawa inovasi pengembangan orang-orang di lokasi tempat mereka berkarya.


Mahasiswa Amerika belajar pelayanan kesehatan di posyandu

Posted by: rokib

Tagged in: Untagged 

umum Banyuwangi saat ini mulai jadi jujugan studi komparasi internasional. Sejumlah 38 mahasiswa asal Amerika Serikat berkunjung ke Banyuwangi untuk lihat dari dekat service kesehatan sepanjang dua hari.

Beberapa puluh mahasiswa dari Kampus Rhode Island AS yang tergabung dalam program Global Health Study Program yang di gelar oleh Indonesia Education Partnership berkunjung ke sarana service kesehatan yang berbasiskan orang-orang, yaitu pos service terpadu (Posyandu) serta Puskesmas Sobo di Banyuwangi. Mereka datang dari empat fakultas, yaitu Fakultas Keperawatan, Kesehatan Orang-orang, Farmasi serta Pengetahuan Politik.

Founder and Managing Director Indonesia Education Partnership, Brook Williams Ross menyampaikan global health trip ini dikerjakan untuk tahu proses service kesehatan orang-orang di lokasi yang dikunjungi. Terlebih bagaimana penyedia service kesehatan yang dikerjakan pemerintah dapat bekerja berbarengan dengan orang-orang sekitaran.

“Lewat program ini kami belajar mengenai service kesehatan yang sudah dikerjakan oleh negara-negara didunia, efek yang dirasa oleh orang-orang, serta bagaimana warga serta sarana service kesehatan berbarengan tingkatkan derajat kesehatan, ” terang Brook waktu berkunjung ke tempat posyandu yang di gelar di balai pertemuan warga Kelurahan Taman Baru, Banyuwangi, Selasa (10/1).

Kenapa Banyuwangi? Sebagai kota yang selalu berkembang, Brook menilainya Banyuwangi miliki prinsip kuat untuk wujudkan kesehatan orang-orangnya. Dicontohkannya proses posyandu. Menurutnya, posyandu yang disebut satu diantara program setiap puskesmas di Banyuwangi sukses mengajak warga untuk berbarengan wujudkan kesehatan orang-orang, terutama ibu serta anak.

“Kami begitu tertarik dengan posyandu, bagaimana orang-orang dapat sama-sama kerja sama. Dari mulai petugas kesehatan puskesmas, bidan yang suport kesehatan ibu serta bayi untuk menghindar kematian pada ibu serta anak dan orang-orang yang aktif ikut serta di dalamnya. Dari mulai sediakan tempat dan ibu serta anak yang aktif ada disana, ” kata Brook.

Brook juga menyebutkan apresiasinya bagaimana service kesehatan yang dikerjakan di posyandu. Terkecuali jadwalnya yang teratur, service untuk balitanya bagus juga. “Di posyandu ini terkecuali balita ditimbang serta dicek kesehatannya, mereka juga di beri makanan sehat. Bahkan juga supaya balita nyaman, mereka juga di beri sarana beragam permainan sambil menanti antrean check. Ini kami menyebutnya ‘good serving for the children’, ” tutur Brook.

“Di tempat kami tak ada posyandu. Ibu serta balita segera pergi ke klinik, pusat-pusat kesehatan atau tempat tinggal sakit untuk memperoleh imunisasi. Tidak sama dengan disini, imunisasi dapat dibuka di posyandu yang banyak dikerjakan di lingkungan warga dengan jadwal yang telah ditetapkan. Karenanya Harga Dispenser kami belajar apa yang di negara kami tak diaplikasikan, ” tutur dia.

Hal yang sama saja disibakkan satu diantara peserta program, Shannon Mac Ayeal. Warga AS yang memerlukan service kesehatan ibu serta anak mesti datang ke dokter atau pusat-pusat kesehatan. “Sementara disini begitu terstruktur serta rapi, awesome. Honestly, it’s really amazing, ” puji Shannon yang disebut mahasiswa Fakultas Keperawatan Rhode Island University ini.

Studi komparasi beberapa mahasiswa asal negara Paman Sam ini terdiri jadi dua tim. Terkecuali berkunjung ke posyandu di Kelurahan Taman Baru, satu tim lain berkunjung ke posyandu yang ada di Kelurahan Kalirejo, Banyuwangi.

Waktu bertandang ke Posyandu Sawo di Kelurahan Taman Baru, mereka terlihat memerhatikan dengan baik waktu di beri keterangan prosedur service posyandu oleh bidan yang bertugas. Sesekali beberapa mahasiswa ini dapat ajukan pertanyaan. Menariknya waktu lihat bayi yang tengah diimunisasi, beberapa mahasiswa itu tampak gemas serta memohon untuk menggendong sang bayi dengan cara bertukaran.

Selesai lihat proses posyandu, mereka berkumpul di Puskesmas Sobo untuk lihat service kesehatan yang dikerjakan puskesmas. “Kami juga menginginkan tahu persoalan kesehatan yang dihadapi warga kota di Banyuwangi, ” tutur Brook.

Satu hari terlebih dulu, mereka juga berkunjung ke Puskesmas Licin untuk lihat bagaimana puskesmas disana melayani kesehatan beberapa penambang yang mempunyai kemungkinan sakit. “Habis mendaki Ijen serta lihat bagaimana kerja beberapa penambang, kami juga menginginkan lihat bagaimana service kesehatan paling dekat dengan Gunung Ijen ini, ” terang Michelle Palmer, salah seseorang profesor Fakultas Keperawatan yang ikut mengikuti mahasiswanya.

Beberapa mahasiswa ini melakukan Global Health Study Program di Indonesia sepanjang 2, 5 minggu. Terkecuali Banyuwangi, mereka juga berkunjung ke Bali serta Yogyakarta. Di Bali mereka belajar mengenai perlakuan penyakit stroke serta tehnik pijat. Sesaat di Yogyakarta, mereka spesial pelajari farmasi, termasuk juga di dalamnya mengenai jamu.


Ternyata, Puasa Membantu Perangi Leukemia Akut

Posted by: hilya

Tagged in: Untagged 


Penelitian yang dipublikasi pada jurnal Nature Medicine menunjukkan, puasa berselang-seling dapat membantu memerangi salah satu jenis leukimia yang paling banyak ditemukan pada anak-anak, yaitu acute lymphoblastic leukemia (ALL). Menurut American Cancer Society, tiga dari empat kasus leukimia pada anak merupakan jenis ALL. doa niat puasa Saat ini, kemoterapi merupakan terapi utama bagi anak-anak penderita ALL. Lebih dari 95 persen anak dengan ALL mencapai remisi setelah satu bulan menerima induksi kemoterapi. Hanya, pencapaian tersebut bukan berarti anak benar-benar terbebas selamanya dari kanker. Sebanyak 15-20 persen dari anak-anak pasien ALL yang mencapai remisi, kembali terkena kanker di kemudian hari.

Berkaca pada kondisi tersebut, peneliti senior dari University of Texas Southwestern Medical Center, Amerika Serikat (AS) Dr Chengcheng Zhang dan timnya menemukan, puasa dapat mejadi terapi yang layak bagi anak-anak penderita ALL ini. Hal ini disimpulkan melalui sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan tikus.

Untuk mengetahui efek berpuasa pada sel kanker, Zhang dan tim membagi tikus percobaan mereka ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama terdiri atas tikus ALL yang harus menjalani puasa berselang-seling, satu hari puasa dan satu hari tidak. Sedangkan, kelompok kedua terdiri atas tikus ALL yang diberi makan secara normal. Untuk memonitor respons sel kanker, tim peneliti menandai sel kanker pada tikus-tikus percobaan ini dengan protein yang memiliki warna berpendar hijau atau kuning.

Setelah tujuh pekan, tim peneliti menemukan, tikus-tikus yang menjalani pola berpuasa selang-seling hampir tak lagi memiliki sel leukimia yang terdeteksi di sumsum ataupun pada limpa yang berfungsi menyaring darah. Sebaliknya, sebanyak 68 persen sel bersifat kanker ditemukan pada tikus yang tidak menjalani metode puasa.

Zhang mengatakan, 75 persen dari tikus-tikus ALL yang berpuasa dapat bertahan hingga lebih dari 120 hari tanpa adanya tanda-tanda leukimia. Sebaliknya, tikus-tikus ALL yang makan dengan normal mati dalam waktu 59 hari. Di samping itu, tim peneliti juga menemukan, limpa dan kelenjar getah bening pada tikus yang menjalani puasa berselang-seling memiliki ukuran yang sama seperti tikus normal.

"Sel-sel kanker berpenjar yang tersisa pada tikus yang berpuasa setelah tujuh minggu terlihat berperilaku seperti sel normal," ujar Zhang seperti dilansir Medical News Today, beberapa waktu lalu.

Menurut peneliti, pasien ALL memiliki aktivitas reseptor leptin yang menurun. Sedangkan, puasa berselang-seling, menurut Zhang, memberikan efek berupa peningkatan aktivitas reseptor leptin pada tikus percobaan. "Puasa dapat menurunkan kadar leptin yang bersirkulasi dalam pembuluh darah sekaligus menurunkan kadar leptin di sumsum," ujar Zhang.

Zhang mengatakan, efek ini menjadi jelas dengan melakukan siklus berpuasa yang berulang-ulang. Zhang mengatakan, setelah berpuasa, kadar leptin pulih dan terlihat sesuai dengan tingkat sel kanker ALL yang dibersihkan dari darah.

Hanya, metode serupa yang dilakukan pada tikus dengan penyakit acute myeloid leukimia (AML) yang umumnya ditemukan pada kelompok dewasa tidak menunjukkan efek yang sama. Oleh karena itu, tim peneliti menyimpulkan metode berpuasa hanya menjanjikan dalam kasus ALL pada anak.

Dalam penelitian lanjutan, tim peneliti berencana untuk mencari strategi menyerupai puasa yang dapat menghentikan perkembangan ALL.niat puasa nisfu syaban Tim peneliti juga menilai, perkembangan uji klinis pada manusia dapat berlangsung lebih cepat karena percobaan ini hanya mengetes puasa, bukan obat. 


Pendaftar Bantuan Kesehatan Masyarakat Masih Minim

Posted by: rokib

Tagged in: Untagged 

Peminat program Pertolongan Kesehatan Orang-orang Kota Solo (BKMKS) pada awal-awal di buka saat pendaftaran, relatif masihlah kecil. Sampai sekarang ini, jumlah pendaftar baru empat orang, itupun yang berkaitan dalam keadaan sakit serta melakukan rawat inap.

Sekretaris Dinas Kesehatan kota (DKK) Purwanti, Jumat (06/01/2017) mengungkap sekitaran 138. 106 warga Solo, sekarang ini belum nama bayi perempuan terproteksi jaminan service kesehatan apa pun, sesudah program Service Kesehatan Orang-orang Solo (PKMS) dihentikan mulai sejak Januari 2016. Lantas dihidupkan kembali mulai 2017 ini dengan nama BKMKS.

" Pendaftaran peserta BKMKS memanglah baru dimuka pada Selasa (03/01/2017), hingga pendaftaran masihlah sedikit. Umumnya, orang-orang berdondong-bondong daftarkan diri, sesudah menanggung derita sakit serta membutuhkan pertolongan cost perawatan. "

Karenanya, Purwanti memohon  nama bayi laki laki orang-orang yang belum mempunyai kartu service kesehatan apa pun, selekasnya daftarkan diri sebagai peserta BKMKS supaya peroleh jaminan service kesehatan yang baik. Sedang kriteria yang dibutuhkan, diantaranya Kartu Sinyal Masyarakat elektronik (e-KTP), Kartu Keluarga (KK), bertempat di Solo minimum tiga th. berturut-turut.

" Prasyarat lain tak tercatat sebagai peserta Tubuh Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan atau jaminan kesehatan yang lain. Spesial untuk anak-anak berumur kurang dri 10 th. diberlakukan prasyarat penambahan dengan menyertakan Kartu Insentif Anak (KIA). "


Kota Malang Punya Pusat Kesehatan dan Olahraga

Posted by: soberius

Tagged in: Untagged 

 Kota Malang saat ini mempunyai Laboratorium Kesehatan serta Pusat Service Kesehatan serta Berolahraga (PPKO) Dinas Kesehatan Kota Malang. Labkes-PPKO diresmikan di waktu paling akhir th. biaya 2016, oleh Wali Kota Malang Mochammad Anton.

“PPKO ini terang untuk kesehatan, lantaran hasil riset siswa, banyak dari mereka yg tidak bugar. Kami berharap PPKO ini dapat tingkatkan kesehatan anak-anak, serta sekalian tingkatkan kwalitas generasi muda, ” kata Kadinkes Kota Malang Asih Tri Rahmi

Labkes ini digunakan untuk pemantauan makanan serta lingkungan sehat. Gedung ini, adalah proyek dua th. dari Pemkot Malang yang menggunakan dua th. APBD dengan cara berturut-turut.

Pada th. 2015, Labkes-PPKO menggunakan pemenang lelang CV Cipta Layanan yang menggunakan biaya Rp 2, 1 miliar dari keseluruhan batas biaya Rp 2, 229 miliar di Lelang Pengadaan Dengan cara Elektronik (LPSE).

Th. 2016, Dinkes Kota Malang pernah kelabakan sesudah biaya finishing Labkes-PPKO tidak berhasil lelang pada kuartal ke-2 th. 2016. Pemenang lelang lagi, PT Kharisma Multi Jaya, pernah menu hokben tak lulus pelajari penawaran harga, berbarengan PT Cipta Bermacam Jalan keluar serta PT Telaga Pasir Kuta.

Waktu itu, Dinas Kesehatan menyebutkan terdapat beberapa hal tehnis yang perlu dibenahi sebelumnya ada lelang lagi. Utamnaya kolam renang yang dikira bakal mengganggu konstruksi. Kolam ini, terlebih dulu dimaksud bakal ditukar dengan pembangunan pintu gerbang, dan pembenahan lantai serta atap.

Asih waktu itu menyebutkan tak perlu ada pergantian Detil Engineering Design (DED) lantaran tidak ada hubungannya dengan rencana bangunan keseluruhnya. Sesudah sistem lelang lagi, PT Kharisma Multi Jaya menang lelang dengan tawaran Rp 3, 4 miliar dari keseluruhan biaya Rp 3, 9 miliar.

Abah Anton menyebutkan, gedung PPKO-Labkes ini representatif untuk manfaat untuk orang-orang. “Peningkatan kwalitas kesehatan orang-orang jadi hal vital, itu basic dari service umum. Hingga, kami berharap fasilitas kesehatan ini dapat melayani kesehatan orang-orang dengan lebih optimal, ” lebih Wali Kota Malang H. Moch Anton.


Aplikasi Jamkesmas

Opini

Pembangunan Kesehatan Daerah Dimulai Dari Puskesmas


Kementerian Kesehatan menghimbau pemerintah daerah untuk tingkatkan service manfaat mensupport pembangunan kesehatan di daerah.Kepala Biro Komunikasi serta Service Orang-orang Kementerian Kesehatan Oscar Primadi menyampaikan Kementerian Kesehatan mengutamakan 19 propinsi dalam tujuan pembangunan kesehatan nasional sampai 2018. Satu diantaranya di Sulawesi Selatan, terlebih di lokasi Kota Makassar....   Read more

Oleh: , 19 Jan 2017.

Cegah Balita Gizi Kurang, UI Edukasi Masyarakat


 Permasalahan gizi jelek yaitu problema yang masihlah dihadapi orang-orang di Indonesia. Menurut angka Penelitian Kesehatan Basic (Riskesdas) dari Kementerian Kesehatan, angka nasional gizi kurang pada 2013 yaitu 19, 6%.Desa Sujung di Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Propinsi Banten diambil sebagai tempat dedikasi Kampus Indonesia pada orang-orang, September-Desember 2016 lantas. Berdas...   Read more

Oleh: , 17 Jan 2017.

PLN Berbagi Kesejahteraan Sosial dan Kesehatan Masyarakat


Semangat PLN untuk mengabdi pada negeri selalu dikobarkan. Terkecuali tetaplah menggerakkan sistem bisnisnya dalam pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan, sesuai dengan program pemerintah 35. 000 MW, PLN juga mempunyai kepedulian pada orang-orang Indonesia terutama yang tinggal di daerah proyek pembangunan.Ini adalah bentuk perwujudan konkrit yang dikerjakan oleh PLN lewat program Corporate S...   Read more

Oleh: , 15 Jan 2017.

Bunga Mawar Putih Gantikan Dasi dan Jas


PELANTIKAN dan pengukuhan 720 orang pejabat baru pada organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Klaten, lain dari biasanya. Bukan karena sempat tertunda gara-gara ada operasi tangkap tangan (OTT) KPK serta dihadiri Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Sekda Jateng, Sri Puryono dan Sekretaris Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri, Anselmus Tan.Lalu apa?Pelantikan dan pengukuhan di Pendapa Pemkab itu terlihat...   Read more

Oleh: , 13 Jan 2017.

Kominfo siap dukung adopsi aplikasi kesehatan


Kementrian Komunikasi serta Informatika (Kominfo) siap bangun akses internet untuk pusat kesehatan orang-orang (puskesmas) supaya dapat mensupport aplikasi kesehatan di daerah ketinggalan.“Mari memikirkan pragmatis untuk konsentrasi bangun konektivitas internet di daerah ketinggalan yang dijelaskan pada Perpres 131 Th. 2015. Kominfo bakal bekerja bersama dengan Kementerian Kesehatan harga pr...   Read more

Oleh: , 13 Jan 2017.

Poling

Menurut anda, dengan penggunaan software INA DRG, apakah masih ada penyimpangan klaim?




Results

Produk Peraturan

Surat Edaran Menteri Kesehatan Tentang Penggunaan Database Kepesertaan Program Jamkesmas

Lihat semua Surat Edaran

Agenda

January 2017
S M T W T F S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 1 2 3 4

Tamu Online

We have 140 guests online

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1459
mod_vvisit_counterKemarin3609
mod_vvisit_counterMinggu ini28477
mod_vvisit_counterMinggu Kemarin37232
mod_vvisit_counterBulan ini112588
mod_vvisit_counterBulan Kemarin125510
mod_vvisit_counterKeseluruhan23825830