Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan

Opini

Artikel, Opini, dan berita lain
Category >> Opini

Peserta JKN Bertambah, Kemenkes Fokus Ketersediaan SDM

Posted by: aeni

Tagged in: Untagged 

Tahun ini Kementerian Kesehatan menekankan pada ketersediaan sumber daya manusia (SDM) mengikuti meningkatnya peserta Jaminan Kesehatan Nasional. Selain itu, pemenuhan standar pelayanan bidang kesehatan juga harus terus ditingkatkan.

Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek menuturkan saat ini peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), hampir 174,3 juta peserta yang dilayani di 26.229 fasilitas kesehatan. Untuk itu, tantangan penguatan pelayanan kesehatan termasuk distribusi harga kulkas panasonic SDM kesehatan harus menjadi perhatian.

Selain itu, data BPJS Kesehatan menyebutkan proporsi penyerapan lebih banyak di fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjut (FKRTL) dibandingkan dengan di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), serta lebih kurang sepertiga dari dana JKN digunakan untuk pembiayaan penyakit katastropik seperti penyakit jantung, gagal ginjal, dan kanker, yang sebenarnya dapat dicegah dengan perubahan perilaku.

“Untuk itu, pengembangan upaya kesehatan yang sifatnya kuratif rehabilitatif harus benar-benar diarahkan pada upaya kesehatan yang lebih bersifat preventif dan promotif,” tuturnya seperti dikutip dari siaran pers.

Menkes menegaskan bahwa pembangunan kesehatan pada dasarnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan setiap orang agar terwujud kondisi masyarakat yang memiliki derajat kesehatan yang optimal.

Untuk mencapainya, diperlukan serangkaian program strategis yang didukung oleh sistem kesehatan nasional yang handal. Menkes menekankan bahwa keberhasilan dalam mengimplementasikan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan Keluarga Sehat tidak terlepas dari dukungan penuh daerah.

“Kami terus mendorong agar pusat dan daerah memiliki tujuan dan pola kerja yang sama dalam mencapai tujuan pembangunan kesehatan,” ucap Menkes.

Sekjen Kementerian Kesehatan Untung Suseno Sutarjo menyebutkan ciri standar pelayanan minimal (SPM) bidang kesehatan harus memenuhi pelayanan yang diberikan di tingkat primer, melibatkan lintas sektor, harus universal coverage, menggunakan sumber daya daerah dan kebijakan Pemda dan menggunakan pendekatan keluarga dan germas.

“Konsep SPM Bidang Kesehatan mengalami perubahan yang cukup mendasar dari konsep sebelumnya. Pada SPM yang lalu pencapaian target-target SPM lebih merupakan kinerja program kesehatan maka kali ini pencapaian target-target tersebut lebih diarahkan kepada kinerja pemerintah daerah. Jadi tanggung jawab ada di pemda,” kata Untung.


Sandi Bakal Jadikan Jakarta sebagai Kota Wisata Kesehatan

Posted by: Alikan

Tagged in: Untagged 

Bukan hanya berupaya mensejahterakan warga lewat Kartu Jakarta Sehat (KJS) Plus serta pelayanan kesehatan keliling gratis, Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno mengaku akan menjadikan DKI Jakarta sebagai kota wisata kesehatan ke depannya.

Salah satu langkah yang bakal diambil diungkapkannya membangun sejumlah rumah sakit spesialis Jakarta seperti kanker dan jantung.

Sehingga tidak hanya dapat melayani kebutuhan warga Ibukota, keberadaan rumah sakit spesialis dapat menarik kedatangan pasien dari dalam maupun luar negeri.

"Jakarta sudah saatnya menjadi wisata tentang kesehatan, ada beberapa Kota yang sudah menjadi city of medical tourism, seperti Singapura dan Bangkok, bukan tidak mungkin Jakarta dapat harga kawasaki ninja menarik pasien dari negara lain. karena juga dokter-dokter kita, fasilitas yang kita miliki tidak kalah saing dengan negara lain," jelas Sandi.

Dalam paparannya kepada puluhan dokter yang tergabung dalam Komunitas Medis Peduli dan Tenaga Kesehatan DKI Jakarta di Aula Gedung Dewan Dakwah Jalan Kramat Raya Senen, Jakarta Pusat pada Minggu (26/2), meningkatnya industri medis katanya juga menjadi salah satu sumber pendapatan daerah potensial serta dapat menyerap tenaga kerja.

"Medical industry ini akan menjadi penggerak bagi penyerapan tenaga kerja, terlebih gerakan pelayanan kesehatan gratis di seluruh pelosok Ibukota ke depannya. Jadi ke depannya, rumah sakit, dokter itu bukan hanya mengobati, tapi service oriented (pelayanan) juga harus ditingkatkan," jelasnya menambahkan.


Ilmuwan Temukan Pupuk Sintetis Baru Tanaman Pangan

Posted by: baliham

Tagged in: Untagged 

 Beberapa ilmuwan sudah temukan pupuk sintetis baru yang dapat menolong petani untuk menaruh duit, tingkatkan produksi pangan serta kurangi emisi pemanasan planet. Beberapa ilmuwan sudah lakukan eksperimen pada pertanian padi di streaming bola.

" Pupuk itu memperlambat pelepasan hara pupuk yang bakal menolong petani untuk tingkatkan hasil panen dengan memakai bahan kimia yang minim, " kata beberapa ilmuwan dari Inggris serta Sri Lanka, Kamis, 23 Februari 2017.

Pupuk kimia seperti urea yang kaya nitrogen yaitu kunci untuk boom pertanian dari 1960-an serta 70-an yang di kenal sebagai " Revolusi Hijau " namun cost mereka tetaplah relatif tinggi untuk petani di negara berkembang.

Produksi pertanian mesti bertambah sekitaran 60% untuk berikan makan populasi global yang selalu bertambah, diprediksikan bakal meraih 9 miliar pada 2050, sekian menurut Organisasi Pangan serta Pertanian PBB (FAO).

Urea, yang umum dipakai untuk menanam padi, gandum serta jagung, larut cepat saat kontak dengan air serta ada sisi dari nutrisi yang tenggelam sebelumnya akar tanaman bisa menyerap mereka.

" Sebagai mengakibatkan, banyak aplikasi yang diperlukan, yang bisa menunjukkan sangat mahal untuk petani di daerah miskin, " beberapa ilmuwan yang menulis dalam jurnal ilmiah ACS Nano minggu ini.

Diluar itu, partikel urea yg tidak terserap, pergi untuk membuat amonia yang mencemari saluran air serta pada akhirnya mengakibatkan pelepasan gas tempat tinggal kaca ke atmosfer. " Pupuk baru ini tunda pembubaran urea dengan mengikat dengan mineral untuk memperlambat pelepasan nutrisi 12 kali, " kata beberapa ilmuwan.

" Tanaman ini memerlukan semakin banyak pupuk serta kurangi yang terbuang, " kata Gehan Amaratunga dari University of Cambridge di Inggris, co-penulis laporan itu. " Ini perjalanan jauh untuk kurangi jejak lingkungan pertanian, " tuturnya pada Reuters lewat telephone Kamis, 23 Februari 2017.

Percobaan awal memakai pupuk baru di sawah di Sri Lanka tunjukkan produksi tumbuh sampai 20 % memakai nyaris 1/2 jumlah pupuk, kata Amaratunga. Amaratunga juga menyampaikan, dia mengharapkan inovasi ini dapat menolong mengantar suatu hal yang baru, Revolusi Hijau yang lebih ramah lingkungan. " Ini yaitu Revolusi Hijau, seperti itu semakin banyak makanan serta rusaknya lingkungan menyusut, " ucap tv streaming.


Industri Alat Kesehatan Lokal Masih Berpotensi Terus Bertumbuh

Posted by: rokib

Tagged in: Untagged 

Market share industri alat kesehatan yang di produksi dalam negeri masihlah berpeluang untuk meneruskan perkembangan pada 2017. Dalam satu tahun lebih terlebih dulu, industri alat kesehatan di Indonesia dapat bertumbuh sampai 10% per th..

Berdasar pada data yang di uraikan oleh Asosiasi Entrepreneur Alat Kesehatan Indonesia (ASPAKI), nilai pasar alat kesehatan di Indonesia diprediksikan meraih Rp 60 triliun sampai akhir 2016. Dari nilai pasar itu, pasar product dalam negeri cuma meraih sekitaran Rp14 triliun.

" Itu artinya, product alat kesehatan yang di produksi dalam negeri harusnya dapat mengerjakan pasar yang lebih tinggi, janganlah sangat tergantung pada product luar. Product lokal kita juga gak kalah koq dengan product luar, " tutur Sekretaris Jenderal ASPAKI Cristina Sandjaja dalam konferensi pers Indonesia Healthcare Komunitas (INDOHCF) Innovation Award 2017 di Jakarta, Kamis (23/2).

Sekarang ini, alat kesehatan yang dipakai di Indonesia masihlah tergantung pada product luar negeri.

Nilai impor product alat kesehatan masihlah meraih 90% dari keseluruhan pemakaian alat kesehatan di Indonesia.

" Tingginya tingkat impor alat kesehatan ini memanglah jadi satu diantara problematika didunia kesehatan di Indonesia. Untuk menangani hal itu, dibutuhkan usaha berbarengan pada pemerintah serta pelaku usaha manfaat mendorong inovasi alat kesehatan didalam negeri, " ungkap Cristina.

Cristina memberikan, kendala perubahan alat kesehatan dalam negeri satu diantaranya dilatarbelakangi oleh minimnya tenaga pakar yang dapat mendorong inovasi yang dibuat.

Diluar itu, bahan baku yang ada juga belum mencukupi. Walau sekian, lanjut dia, asosiasi tetaplah optimistis industri alat kesehatan lokal masihlah dapat tunjukkan perkembangan.

" Pekerjaan tempat tinggalnya memanglah ada banyak tetapi kita tetaplah mesti optimistis serta terus-terusan membuat inovasi-inovasi baru. Pemerintah juga telah tingkatkan biaya kesehatan serta kita tengah menuju implementasi Jaminan Kesehatan Nasional yang artinya pemakaian alat kesehatan pastinya akan bertambah. Perihal ini pula yang perlu digunakan oleh entrepreneur lokal dengan sebaik-baiknya, " tegas Cristina.

Pada saat yang sama, Ketua Umum IndoHCF Supriyantoro mengatakan, sekarang ini type alat kesehatan produksi dalam tv online negeri baru dapat penuhi standard perlengkapan minimum yang perlu ada dirumah sakit kelas A sebesar 48, 2%, di kelas B sebesar 51, 3%, di kelas C sebesar 57, 9%, serta di kelas D sebesar 66, 1%.

" Perihal ini pula yang mendorong kami untuk lakukan acara yang dapat mendorong bebrapa inspirasi serta inovasi baru di bagian kesehatan. Maksud periode panjangnya pasti untuk tingkatkan standard service kesehatan di Indonesia, " terang Supriyantoro.

Indonesia Healthcare Komunitas Innovation Award 2017 adalah satu arena lomba yang memberi penghargaan spesial pada individu, institusi, atau grup yang sudah mengaplikasikan atau lakukan inovasi di bagian kesehatan.

Lomba yang direncanakan bakal diselenggarakan setiap tahunan ini mempunyai 5 kelompok, diantaranya inovasi system penanggulangan kritis darurat terpadu pra RS, inovasi program kesehatan ibu serta anak, inovasi alat kesehatan, inovasi e-health, serta inovasi seni kreasi promosi kesehatan.

" Lewat acara ini, kami mengundang beberapa inovator handal untuk turut berperan serta serta membuat inovasi terbaiknya sesuai sama kelompok yang ada. Diluar itu, kami akan mengadakan seminar serta workshop nasional tentang hal penanggulangan kegawatdaruratan serta perubahan tehnologi info di bagian kesehatan " kata Supriyantoro.

Disamping itu, Ketua Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas Suhono Harso Supangkat menyebutkan, sekarang ini Indonesia tengah masuk saat transformasi digital di mana aplikasi tehnologi bisa mempermudah semua segi kehidupan, termasuk juga di bagian kesehatan.

" Inovasi tehnologi untuk bagian kesehatan mutlak dibutuhkan manfaat memudahkan serta tingkatkan standard service kesehatan, " terang Suhono.


Antisipasi Zika dari Singapura, Menkes Keluarkan Travel Advisory

Posted by: ayunuria

Tagged in: Untagged 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerbitkan travel advisory atau anjuran untuk tidak melancong ke Singapura. Penerbitan saran itu berkaitan penyebaran virus Zika yang sudah menjangkit beberapa ratus warga negeri singa itu.

Kita keluarkan travel advisory. Kita telah komunikasi dengan Kemlu karenanya mesti ada advisory dari Kemlu. Kami telah keluarkan protect dari negara kita tadi pagi, ungkap Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek selesai rapat dengan Komisi harga laptop IX DPR di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta.

Ia menerangkan di keluarkan anjuran itu lantaran pasien virus zika di Singapura makin bertambah, hingga pemerintah butuh keluarkan langkah mencegah. Bila saya mengimbau lantaran ini ada travel advisory, artinya kita yang ingin melancong mungkin saja bisa pikirkan (pergi atau tak). Bila kebutuhannya begitu utama ya apa bisa buat, namun bila dapat dipending mengapa tidak dipending, kata Nila.

Yang ditakuti dari virus zika ini yaitu peluang korelasinya, bila ibu hamil anaknya berlangsung mikrosefali harga laptop dell. Mungkin ibu hamil untuk memperhitungkan hal itu, " Nila memberikan. Ia juga menyebutkan sudah lakukan koordinasi dengan pihak bandara serta pelabuhan supaya menempatkan scanner manfaat menghindar penyebaran virus zika di Indonesia.

Pemerintah Singapura mengkonfirmasi 26 orang lagi yang tertular virus zika. Dengan penambahan ini, jadi keseluruhan warga Singapura yang terdeteksi terinfeksi virus zika meraih 82 orang harga laptop lenovo, Menurut Kementerian Kesehatan serta Tubuh Lingkungan Nasional Singapura.


Kerusakan Lingkungan Hidup di Jabar Menyeluruh

Posted by: aeni

Tagged in: Untagged 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jabar Anang Sudarna menyatakan, kerusakan lingkungan hidup di Jawa Barat mencakup semua hal baik air tanah, hutan, lahan, aiur permukaan, laut dan pesisir. Bahkan, air permukaan tak layak untuk kebutuhan pabrik sehingga harus ada perlakuan khusus.

"Ada anggapan Tuhan menciptakan tatar Pasundan ketika sedang tersenyum, namun kini Tuhan sedang menangis melihat kondisi Jawa Barat," kata Anang dalam seminar "Solusi Persoalan Lingkungan dengan IPAL Memakai Teknologi Bioreactor di Hotel Savoy Homann, Rabu, 22 Februari 2017.

Dia mencontohkan air permukaan seperti Sungai Citarum yang kotor dan berbau apalagi di musim kemarau. "Tentu industri harga mesin cuci sharp 2 tabung harus mengeluarkan biaya lagi ketika harus menggunakan air permukaan untuk kebutuhan pabriknya. Hal ini akan berdampak kepada kekuatan daya saing industri," ucapnya.

Lebih jauh Anang menyatakan, tantangan industri di Jawa Barat khususnya tekstil dan produk tekstil sangat berat berkaitan dengan isu lingkungan. "Sering terjadi penolakan produk industri Indonesia karena isu lingkungan yang digerakkan aktivis lingkungan di luar negeri," ujarnya.


Indonesia Darurat Garam

Posted by: aeni

Tagged in: Untagged 

Asosiasi Industri Pengguna Garam Indonesia (AIPGI) meminta pemerintah untuk segera mengambil langkah cepat untuk melakukan impor garam. Pasalnya, jika tidak dilakukan sejumlah industri strategis terancam tidak beroperasi karena ketiadaan bahan baku garam.

Sekjen Dewan Pimpinan Pusat (DPP) AIPGI, Cucu Sutara mengatakan, arti nama bayi laki laki sepanjang 2016 lalu wilayah Indonesia mengalami La Nina. Kondisi tersebut menyebabkan kegagalan panen garam di tanah air yang tentunya berimbas pada kondisi pergaraman Indonesia berada di ujung tanduk.

Sepanjang 2016, total panen garam di seluruh wilayah Indonesia hanya mencapai 144.009 ton. Sedangkan total kebutuhan garam baik garam konsumsi atau rumah tangga maupun industri mencapai 4.233.000 ton per tahun.

Jumlah tersebut terdiri dari garam konsumsi 750.000 ton per tahun. Sedangkan industri terdiri dari, aneka pangan (450.000 ton), pengasinan ikan (400.000 ton), penyamakan kulit (50.000 ton per tahun), fit mill (200.000 ton), pengeboran minyak (50.000 ton), farmasi (3.000 ton), industri tekstil (200.000 ton), sabun atau deterjen (30.000 ton), industri petrokimia serta industri pulp dan kertas (2,05 juta ton).

"Sedangkan data di lapangan, stok di awal tahun 2017 (awal Januari) itu sekitar 112.671 ton. Sekarang bisa saja sudah habis. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika pemerintah tidak mengeluarkan kebijakan impor garam," kata Cucu.

Apabila pemerintah tidak mengeluarkan kebijakan impor, lanjut Cucu, maka bisa dipastikan sejumlah industri strategis di tanah air tidak akan beroperasi karena garam dibutuhkan sebagai salah satu bahan baku. Apabila nama nama bayi hal itu terjadi maka pertumbuhan ekonomi pun akan terganggu dan sejumlah masalah lainnya akan timbul.

Ia mencontohkan industri aneka pangan, yang khusus ekspr saja memiliki kontribusi devisa sekitar Rp 19 miliar dolar AS. Jika industri tersebut terganggu maka angka devisa itupun ikut terkena imbasnya dan besar kemungkinan menguap.

"Belum lagi dampaknya terhadap tenaga kerja di industtri tersebut. Jika berhenti beroperasi atau kurang bahan baku maka bisa terjadi pemutusan hubungan kerja," ujar Cucu.


Biaya Kesehatan Bisa Melebihi Pendapatan

Posted by: aeni

Tagged in: Untagged 

Selama beberapa tahun terakhir rata-rata laju inflasi biaya kesehatan terus mengalami peningkatan dan melebih rata-rata inflasi umum. Menurut salah satu survei harga kaca film mobil yang dilakukan pada 2014-2015 lalu, inflasi umum turun dari 5,6 persen menjadi 5,5 persen. Sedangkan inflasi medis justru naik dari 9,4 persen menjadi 9,5 persen.

 “Peningkatan ini terjadi hampir di seluruh dunia. Untuk wilayah Asia Pasifik, inflasi medis naik 5,5 persen menjadi 6,6 persen sedangkan inflasi umum turun dari 4,7 persen menjadi 4,3 persen,” ujar  Direktur Utama Mandiri lnhealth, Iwan Pasila saat membuka Sosialisasi Program Coordination of Benefit (CoB) bertema Bersama Sukseskan CoB Untuk Universal Coverage, di Bandung, Selasa, 21 Februari 2017.

Peningkatan tersebut, dipaparkan Iwan, dipengaruhi tiga faktor. Pertama kecenderungan provider kesehatan untuk memberikan pelayanan diluar indikasi medis (over utilisasi). Kedua, kecenderungan pasien yang meminta pelayanan lebih, serta ketiga dipengaruhi oleh pola hidup dari masyarakat itu sendiri.

“Apalagi berdasarkan survei yang dilakukan di Amerika Serikat, diperkirakan apabila dengan kondisi harga produk wardah saat ini kurang dari 30 tahun lagi biaya kesehatan bisa melampaui income keluarga. Jika inflasi ini terus meningkat, maka biaya kesehatan akan lebih tinggi dari pendapatan. Ini akan berdampak pada industri kesehatan karena tidak ada lagi masyarakat yang mampu mengakses pengobatan,” katanya.

Kondisi ini akan terus berlarut-larut seandainya tidak adanya sinergi antara pelaku industi kesehatan yaitu pemberi pelayanan kesehatan, seperti RS, dokter, klinik dengan penjamin pelayanan kesehatan (asuransi). Program jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diundangkan negara diharapkan dapat bersinergi dengan program asuransi komersial dalam memberikan penjaminan pelayanan kesehatan bagi masyarakat secara efektif dan efisien sehingga premi asuransi kesehatan terjangkau oleh masyarakat.


Penahanan Diperpanjang, Kesehatan Firza Husein Memburuk

Posted by: soberius

Tagged in: Untagged 

 Kesehatan tersangka makar Firza Husein makin alami penurunan.

Saat penahanan Firza di Markas Korps Brigade Mobil, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat makin lama.

Kepolisian perpanjang saat penahanan Firza Husein lantaran berkas penyidikannya belum rampung.

Dia akan ditahan sepanjang 40 hari ke depan, sampai awal Maret 2017.

Perpanjangan saat penahanan dikerjakan mulai sejak Senin (20/2/2017).

" Tempo hari hari Senin. 40 hari. Lantaran saat arti nama yang pertama telah habis, " tutur Pengacara Firza, Azis Yanuar waktu dihubungi Selasa (21/2/2017).

Azis sudah ajukan penangguhan penahanan, namun belum disikapi pihak kepolisian.

Karenanya, pihaknya akan ajukan pembantaran ke Polda Metro Jaya. Sebab, kesehatan Firza makin jelek set

" Jantung koroner sama penyempitan pembuluh darah, " tutur Azis.


BPJS Kesehatan Apresiasi Cakupan Kesehatan Semesta di Sumbawa Barat

Posted by: rokib

Tagged in: Untagged 

Keberlanjutan serta penambahan kwalitas program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) ke depan begitu ditetapkan oleh peran pemerintah daerah (pemda). Peran itu, diantaranya dengan mengintegrasikan program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) kedalam program JKN-KIS.

Sumbawa Barat yaitu kabupaten pertama di Propinsi NTB yang mendeklarasikan jaminan kesehatan menyeluruh (universal health coverage/UHC). Sejumlah 96, 3 % dari dari keseluruhan masyarakat 132. 853 jiwa atau sekitaran 127. 841 yang sudah jadi peserta JKN-KIS. Dari jumlah itu, sejumlah 38. 859 adalah peserta program Jamkesda Sumbawa Barat, yakni Pariri Sehat, yang lalu diintegrasikan dalam JKN-KIS sebagai grup penerima pertolongan iuran (PBI) yang iurannya dibayarkan oleh Pemkab Sumbawa Barat.

Direktur Kepesertaan serta Pemasaran Tubuh Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Andayani Budi Lestari, memberi animo serta penghargaan pada Pemkab Sumbawa Barat yang memiliki komitmen memberi perlindungan sosial kesehatan pada semua warganya.

“Kami begitu mengapresiasi apa yang sudah dikerjakan Pemkab Sumbawa Barat. Ke depan ikut serta pemda tidak cuma dari segi pembiayaan, tetapi bagaimana memaksimalkan kwalitas serta mutu service kesehatan hingga derajat kesehatan orang-orang makin bertambah, serta kami siap untuk bekerja berbarengan, ” kata Andayani waktu menghadiri upacara Pencanangan Tindakan Ingintasan Kemiskinan Daerah serta Pengukuhan Agen Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong Se-Kabupaten Sumbawa Barat, Kamis (16/2).

Andayani menyampaikan, berdasar pada ketentuan BPJS Kesehatan, untuk daerah yang telah mengaplikasikan UHC, jika ada pergantian data, seperti bayi baru lahir atau masyarakat baru geser, jadi automatis tercatat sebagai peserta JKN-KIS dengan iuran dibayarkan dari APBD.

" Hal semacam ini begitu utama untuk BPJS Kesehatan lantaran bakal mempercepat UHC, yang semestinya 1 Januari 2019, " tuturnya.

Andayani menyampaikan, sekarang ini telah banyak pemda yang mengintegrasikan program Jamkesda. Dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, sejumlah 441 salah satunya dari 32 propinsi yang sudah berhimpun tv online dengan JKN-KIS. Masihlah ada 43 kabupaten/kota yang mempunyai program Jamkesda, namun belum integrasi, sedang yang bekasnya 30 kabupaten/kota sekalipun tak mengadakan Jamkesda lantaran terbatasnya APBD.

Andayani memberikan, perkembangan peserta program JKN-KIS termasuk cukuplah cepat. Masuk th. ke empat pengerjaannya, kepesertaan BPJS Kesehatan per 10 Februari 2017 sudah meraih kian lebih 174. 324. 644 jiwa atau nyaris meraih 70 % dari keseluruhan masyarakat Indonesia. Sejumlah 16 juta jiwa salah satunya yaitu peserta integrasi Jamkesda.

“Besar kami harap, pada akhir th. 2017 ini semua Jamkesda bisa terintegrasi dalam program JKN-KIS, serta semua pemda bisa mensupport terwujudnya cakupan semesta untuk masyarakat di daerah semasing lewat program JKN-KIS, ” kata Andayani.

Menurut Andayani, pemda adalah tulang punggung implementasi program strategis nasional, termasuk juga di dalamnya JKN-KIS. Support serta ikut serta pemda begitu memastikan pemaksimalan program JKN-KIS. Sekurang-kurangnya ada tiga peran utama pemda, yaitu memperluas cakupan kepesertaan, tingkatkan kwalitas service kesehatan, serta penambahan tingkat kepatuhan.

Bupati Sumbawa Barat, W Musyafirin, menyampaikan sisa masyarakat Sumbawa Barat yang belum jadi peserta JKN-KIS, sekitaran 5. 000 jiwa, masihlah menanti pendataan. Untuk penuhi keperluan service kesehatan untuk semua peserta yang jumlahnya selalu bertambah, Musyafirin menyampaikan Pemkab Sumbawa Barat memaksimalkan semua sarana kesehatan yang ada. Salah satunya jadikan semua puskesmas jadi puskesmas rawat inap.


Aplikasi Jamkesmas

Opini

Peserta JKN Bertambah, Kemenkes Fokus Ketersediaan SDM


Tahun ini Kementerian Kesehatan menekankan pada ketersediaan sumber daya manusia (SDM) mengikuti meningkatnya peserta Jaminan Kesehatan Nasional. Selain itu, pemenuhan standar pelayanan bidang kesehatan juga harus terus ditingkatkan.Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek menuturkan saat ini peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), hampir 174,3 juta peserta yang dilayani di 26.229 fasilitas kesehatan. ...   Read more

Oleh: , 27 Feb 2017.

Sandi Bakal Jadikan Jakarta sebagai Kota Wisata Kesehatan


Bukan hanya berupaya mensejahterakan warga lewat Kartu Jakarta Sehat (KJS) Plus serta pelayanan kesehatan keliling gratis, Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno mengaku akan menjadikan DKI Jakarta sebagai kota wisata kesehatan ke depannya.Salah satu langkah yang bakal diambil diungkapkannya membangun sejumlah rumah sakit spesialis Jakarta seperti kanker dan jantung.Sehingga tida...   Read more

Oleh: , 26 Feb 2017.

Ilmuwan Temukan Pupuk Sintetis Baru Tanaman Pangan


 Beberapa ilmuwan sudah temukan pupuk sintetis baru yang dapat menolong petani untuk menaruh duit, tingkatkan produksi pangan serta kurangi emisi pemanasan planet. Beberapa ilmuwan sudah lakukan eksperimen pada pertanian padi di streaming bola." Pupuk itu memperlambat pelepasan hara pupuk yang bakal menolong petani untuk tingkatkan hasil panen dengan memakai bahan kimia yang minim, " kata beb...   Read more

Oleh: , 24 Feb 2017.

Industri Alat Kesehatan Lokal Masih Berpotensi Terus Bertumbuh


Market share industri alat kesehatan yang di produksi dalam negeri masihlah berpeluang untuk meneruskan perkembangan pada 2017. Dalam satu tahun lebih terlebih dulu, industri alat kesehatan di Indonesia dapat bertumbuh sampai 10% per th..Berdasar pada data yang di uraikan oleh Asosiasi Entrepreneur Alat Kesehatan Indonesia (ASPAKI), nilai pasar alat kesehatan di Indonesia diprediksikan meraih Rp 6...   Read more

Oleh: , 24 Feb 2017.

Antisipasi Zika dari Singapura, Menkes Keluarkan Travel Advisory


Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerbitkan travel advisory atau anjuran untuk tidak melancong ke Singapura. Penerbitan saran itu berkaitan penyebaran virus Zika yang sudah menjangkit beberapa ratus warga negeri singa itu. Kita keluarkan travel advisory. Kita telah komunikasi dengan Kemlu karenanya mesti ada advisory dari Kemlu. Kami telah keluarkan protect dari negara kita tadi pagi, ungkap Men...   Read more

Oleh: , 24 Feb 2017.

Poling

Menurut anda, dengan penggunaan software INA DRG, apakah masih ada penyimpangan klaim?




Results

Produk Peraturan

Surat Edaran Menteri Kesehatan Tentang Penggunaan Database Kepesertaan Program Jamkesmas

Lihat semua Surat Edaran

Agenda

February 2017
S M T W T F S
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 1 2 3 4

Tamu Online

We have 210 guests online

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini26455
mod_vvisit_counterKemarin52409
mod_vvisit_counterMinggu ini26455
mod_vvisit_counterMinggu Kemarin112605
mod_vvisit_counterBulan ini222823
mod_vvisit_counterBulan Kemarin174220
mod_vvisit_counterKeseluruhan24110285