Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan

Opini

Artikel, Opini, dan berita lain
Category >> Opini

Begini Prosedur Layanan Gratis BPJS Buat Pemudik

Posted by: rokib

Tagged in: Untagged 

BPJS Kesehatan memberikan layanan kesehatan gratis bagi para pemudik. Para peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang sedang mudik Lebaran tahun ini, dijamin bisa memperoleh pelayanan biodata artis indonesia kesehatan dengan prosedur yang lebih ringkas.

Direktur Pelayanan BPJS Kesehatan Maya A Rusady mengatakan, peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.

Oleh karena itu, para peserta JKN-KIS yang Syifa Hadju sedang mudik pun diimbau untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS (Kartu Indonesia Sehat/KIS, Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat/KJS, dan Kartu Jamkesmas).

"Untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dapat langsung mengunjungi IGD rumah sakit terdekat yang ditunjuk oleh Kantor Cabang. Kebijakan pemangkasan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak H-7 sampai dengan H+7 lebaran," terang Maya melalui keterangan pers yang diterima KONTAN, Kamis (30/6).

Dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan tinggalnya, tidak harus harris j melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat ataupun mengunjungi fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) sementara.

Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang berstatus aktif. Karena itu, BPJS Kesehatan menghimbau peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif.
Untuk mengecek iuran peserta, dapat dilakukan melalui website www.bpjs-kesehatan.go.id pada menu Cek Iuran Peserta atau melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dan hotline service Kantor Cabang di seluruh Indonesia, dapat dilihat di website BPJS Kesehatan.

Maya menambahkan, selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka ari irham fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iur biaya dari peserta.

Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah menyediakan nomor kontak yang dapat dihubungi 24 jam oleh peserta di masing-masing wilayah.


Ucapan Hari Raya Idul Adha

Posted by: hilya

Tagged in: Untagged 

Ucapan Hari Raya Idul Adha - idul adha atau sering disebut idul qurban merupakan hari besar umat islam dimana hari raya tersebut menapak tilasi ketaqwaan nabi Ibrahim as,dan bulan ini juga disebut bulan haji karena tepat dengan pelaksanaan puncak ibadah haji di arab saudi.

bagi kita selaku umat islam yang tentunya harus melaksaakan kegiatan di hari raya idul adha ini dengan melaksanakan shalat ied di pagi hari kemudian berkurban hewan bagi yang mampu dan bagi kita yang belum mampu bisa saling kirim Kata Kata Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha melalui sms atau bbm dan juga di medsos seperti fb dan twitter juga yang lainnya berikut ini ucapan idul adha

Berkorban dan memberi merupakan bukti rasa syukur kita

Dengan mengharap ridho dan ampunan yang maha Kuasa

Mari kita saling berbagi dengan berqurban

Selamat hari raya Idul Adha 1437 H

Semoga amal ibadah kita mendapat berkah dari Allah SWT.

 


Dinas Kesehatan Bali Jamin Faskes Pemerintah Bebas Vaksin Palsu

Posted by: rokib

Tagged in: Untagged 

Dinas Kesehatan Bali menjamin vaksin palsu tidak beredar di fasilitas kesehatan milik pemerintah daerah di kawasan Pulau Dewata.


Kadis Kesehatan Bali Ketut Suarjaya menyatakan hasil pemantauan tupperware ke sejumlah fasilitas kesehatan di bawah naungan pemerintah tidak ditemukan adanya peredaran vaksin palsu.

"Kami jamin untuk di puskesmas sampai rumah sakit pemerintah tidak ada, karena kami membeli dari yang promo tupperware resmi seperti Biofarma. Sejauh ini hasil dari pantauan nihil ditemukan," tuturnya, Minggu (26/6/2016).

Kendati di faskes milik pemerintah dijamin bebas vaksin palsu, Suarjaya tidak dapat memastikan untuk faskes swasta. Menurutnya, bisa saja faskes swasta kecil membeli vaksin yang diperuntukkan buat bayi tersebut.

Namun, ditegaskan olehnya untuk faskes swasta skala besar seperti rumah sakit diyakininya‎ juga aman dari vaksin palsu. Pasalnya, rumah sakit pasti akan membeli vaksin dan obat-obatan ke distributor resmi dan dijamin kualitasnya.

"Kalau yang vaksin palsu itu, pasti cara memutihkan wajah tanpa faktur dan labelnya tidak jelas sehingga menurut saya pribadi rumah sakit swasta jelas tidak akan membeli," jelasnya.

‎Suarjaya menghimbau kepada masyarakat yang merasa mendapatkan layanan vaksin palsu agar melaporkan ke pihak terkait agar segera dapat ditindaklanjuti.


Dinkes Riau Pantau Peredaran Vaksin Palsu

Posted by: rokib

Tagged in: Untagged 

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau memantau peredaran vaksin palsu dengan menggandeng Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). "Sekarang pihak Dinkes sedang melakukan pantauan terhadap peredaran vaksin ini, secara resmi melalui surat kami telah menginstruksikan kepada dinkes kabupaten/kota untuk meninjau khususnya di Rumah Sakit (RS) tipe C swasta, klinik, apotik dan praktek dokter mandiri," kata Kepala Dinkes Riau artis indonesia  Andra Sjafril di Pekanbaru, Sabtu (25/5).

Dia mengatakan pihaknya menggandeng BPOM untuk turun langsung menelaah ada tidaknya peredaran vaksin palsu di wilayah setempat. Peredaran vaksin palsu ditemukan di Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan Banten. Vaksin palsu yang ditemukan di antaranya vaksin campak, hepatitis B, tubercolosis (TB), tetanus hingga vaksin polio. "Sebagai langkah antisipasi agar peredarannya tidak masuk ke wilayah setempat, kita lakukan pantauan ini," ujarnya.

Andra mengimbau masyarakat Riau jika menemukan berita selebritis  vaksin dengan ciri tidak memiliki nomor Departemen Kesehatan (Depkes), agar melaporkan kepada pihaknya untuk dapat ditinjau lebih lanjut. "Vaksin ini tidak jelas tercantumnya nomor Depkes, dan warna tutupnya tidak seperti yang dimiliki biofarma (vaksin resmi)," sebut dia.

Dia mengatakan Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan menetapkan vaksin yang resmi yakni dari PT Biofarma dan disalurkan kepada Puskesmas dan Pos Pelayan Terpadu (Posyandu). Sedangkan untuk vaksin palsu sendiri, ia belum bisa mengemukakan efek sampingnya karena diperlukan tim pengkaji melakukan penelitian lebih lanjut.

"Intinya kualitas dari vaksin ini tidak terjaga, kemanjurannya dipertanyakan, untuk efek samping harus dilakukan penelitian lebih dalam lagi,


Periksa Kesehatan Dapat Kurangi Risiko Kecelakaan

Posted by: monol

Tagged in: Untagged 

Kontrol kesehatan untuk pengemudi utama untuk kurangi aspek resiko kecelakaan di jalan raya ketika mudik lebaran, " kata Direktur Jenderal Service Kesehatan Kemenkes RI, dr. Bambang Wibowo, Sp. OG (K) , MARS, streaming euro pada pembukaan pertemuan sosialisasi kesehatan untuk menghindar aspek resiko kecelakaan waktu mudik lebaran 2016/1437 H, di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Rabu (08/06/2016) . 

Instrusi Presiden Nomer 3 Th. 2004 mengenai Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu menyebutkan Kementerian Kesehatan trans7 online berperan tingkatkan service kesehatan pada sarana kesehatan yang ada pada tempat - tempat yang dibutuhkan pada jalur angkutan lebaran. Ini yaitu satu diantara service kesehatan yang dikerjakan yaitu kontrol kesehatan pengemudi. 

Kontrol kesehatan bakal dikerjakan pada pengemudi yang mempunyai jarak tempuh cukup lama, sekurang-kurangnya kian lebih 4 jam atau memiliki rute yang padat serta kerap, seperti pengemudi bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) serta Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) . Kontrol kesehatan diberlakukan juga untuk beberapa pengemudi pengganti dalam satu armada itu. 

 " Aspek pengemudi bertindak utama dalam soal keselamatan penumpang, " imbuhnya. 

Aktivitas deteksi awal aspek resiko cedera akibat kecelakaan Lantas Lintas Darat (KLLD) yang dikerjakan berbentuk nonton euro kontrol desakan darah, alkohol dalam darah lewat pernapasan, kandungan amphetamine di urine, serta kandungan gula darah pada saat.


BPJS Kesehatan Luncurkan Akses Pendaftaran Khusus Bayi Peserta PBI

Posted by: rokib

Tagged in: Untagged 

Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meluncurkan pendaftaran khusus bagi bayi yang baru melahirkan dari peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Ini dilakukan agar bayi dari peserta PBI tersebut langsung mendapat jaminan kesehatan.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi idul fitri Idris mengatakan, untuk tahap awal pihaknya baru bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja, Jakarta Utara. Apabila bayi yang baru dilahirkan tersebut terserang penyakit, maka peserta PBI tidak lagi dipusingkan soal biaya karena telah ditanggung melalui program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kini peserta PBI dari APBN maupun APBD dapat mendaftarkan bayinya yang baru lahir melalui rumah sakit. Dalam pelaksanaannya, RS Koja Jakarta Utara ditunjuk Pemprov DKI Jakarta sebagai rumah sakit pertama yang mengimplementasikan layanan pendaftaran khusus tersebut," ujar Fachmi dalam acara Launching E-Samsat, E-Ticketing, Jakarta Smart City dan Pelayanan Akte Kelahiran Terintegrasi dengan RSUD DKI Jakarta dan JKN-KIS, di Balaikota, Jakarta Pusat, Rabu (22/6/2016).

Dalam mekanismenya, RS Koja akan mengumpulkan data peserta PBI berupa KTP, KK, dan Buku Nikah untuk memproses Surat Keterangan Lahir bayi peserta PBI tersebut. Selanjutnya, melalui layanan berbasis web, data-data tersebut diserahkan pihak rumah sakit kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk dilakukan perubahan data (penambahan anggota keluarga di Kartu Keluarga).

Kemudian Disdukcapil ucapan idul fitri mengirimkan data tersebut kepada BPJS Kesehatan secara online untuk diverifikasi lebih lanjut. Jika lolos verifikasi, maka BPJS Kesehatan akan menyimpan data tersebut di masterfile kepesertaan. Terakhir, BPJS Kesehatan akan mengirimkan notifikasi email kepada BPJS Kesehatan Center yang terdapat di RSUD Koja.

"Jadi nanti ada notifikasi email tersebut yang memuat E-ID atau Kartu Peserta, bayi peserta PBI yang siap dicetak dan dipergunakan dalam memperoleh pelayanan kesehatan," jelas dia.

Selain dilakukan secara online, proses pendaftaran peserta bayi baru lahir PBI tersebut juga dapat dilakukan secara offline, yaitu dengan melibatkan peran Kantor Cabang setempat. Hampir sama dengan proses pendaftaran online, imbuhnya, RSUD Koja bertugas menyampaikan data peserta PBI (KTP, KK, dan Buku Nikah) ke Disdukcapil untuk dilakukan perubahan data.

"Setelah itu, Disdukcapil menyerahkan data yang telah diperbarui tersebut (Kartu Keluarga dan identitas lainnya) kepada peserta. Selanjutnya peserta dapat membawa dokumen tersebut dan persyaratan pendaftaran lainnya ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat untuk dilakukan verifikasi," papar dia.

Jika dokumen dinyatakan lengkap oleh petugas Kantor Cabang BPJS Kesehatan, maka data bayi peserta PBI tersebut akan ditambahkan di aplikasi kepesertaan dan dicetakkan Kartu BPJS Kesehatan yang siap digunakan.

"Harapan kami ke depannya, Fasilitas Kesehatan lain baik rumah sakit maupun Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti Puskesmas, Klinik, atau Dokter Pratek Perorangan lain dapat mengikuti jejak RSUD Koja terkait implementasi mekanisme tersebut demi memudahkan peserta PBI yang tata cara solat idul fitri akan mendaftarkan bayinya," tegas Fachmi.

Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama menyambut baik kerja sama tersebut. Sebab banyak kasus peserta JKN-KIS yang pusing karena bayi yang baru dilahirkannya belum terproteksi jaminan kesehatan.

"Ada kasus melahirkan yang dia bisa pakai BPJS. Tapi saat dibawa pulang anaknya sakit kuning dan akhirnya dibawa ke rumah sakit, terus di sana dia malah disuruh bayar karena bayinya belum punya kartu BPJS. Ya kan pingsan. Makanya dengan ini memudahkan bayi yang baru lahir terproteksi BPJS,"


Nokia garap digitalisasi di industri kesehatan

Posted by: rokib

Tagged in: Untagged 

Nokia Technologies mengumumkan kolaborasinya dengan HUS (Helsinki University Hospital) dan Fakultas Kedokteran Universitas Helsinki untuk menciptakan solusi-solusi inovatif layanan pasien rawat jalan serta untuk mewadahi penelitian dan pengembangan bersama.
Proyek pertama dari kolaborasi akan diluncurkan triwulan ini, di mana Nokia Technologies dan HUS akan bekerjasama untuk mengembangkan solusi pemantauan pasien jarak jauh. Kolaborasi ini adalah yang pertama untuk Nokia Technologies, yang mencerminkan niat perusahaan untuk memasuki ranah layanan kesehatan.
“Visi kami adalah untuk memberdayakan harga motor honda manusia agar dapat membuat keputusan-keputusan yang baik mengenai kesehatan mereka dengan menyediakan informasi penting yang dibutuhkan oleh para pasien dan dokter mereka, ketika mereka membutuhkannya,” ucap Wakil Presiden Digital Health di Nokia Technologies Cédric Hutchings dalam rilisnya, kemarin.

Departemen Neurologi HUS adalah pusat neurologi terbesar di Finlandia yang fokus pada diagnosis, pengobatan dan rehabilitasi penyakit sistem saraf atau otak, saraf tulang belakang, sistem saraf peripheral dan otot.
Dengan lebih dari 14.000 kunjungan pasien ke Klinik Rawat Jalan Neurologi di Rumah Sakit Meilahti di Helsinki setiap tahunnya, kolaborasi ini akan memungkinkan adanya masukan dari para pasien dan dokter HUS untuk meningkatkan kualitas dan efektifitas solusi pemantauan pasien jarak jauh Nokia Technologies, serta juga meningkatkan kesehatan pasien.
 “HUS melihat nilai luar biasa dari kolaborasi dengan perusahaan inovatif seperti Nokia untuk membantu pengembangan ilmu pengetahuan berbasis penelitian ke dalam teknologi-teknologi yang dapat meningkatkan layanan yang lebih efektif, personal untuk para pasien kami,” ujar Kepala Departemen Neurologi Nina Forss, MD, PhD.
Nokia Technologies telah merampungkan akuisisi Withings, pimpinan revolusi internet bidang kesehatan pada 31 Mei. Didirikan pada tahun 2008, Withings telah memperkenalkan berbagai produk, yang telah memenangkan harga mobil honda banyak penghargaan, di seluruh spektrum bidang kesehatan, di antaranya: alat pelacak aktivitas (Withings Pulse and Activité); pos kesehatan dan timbangan Wi-Fi (Body Cardio); Monitor Tekanan Darah Nirkabel; kamera sekuriti dan sensor kualitas udara (Withings Home); dan sebuah sistem canggih pembantu tidur (Withings Aura).
Setiap bagian dari data yang dikumpulkan menjadi berarti dengan aplikasi-aplikasi Withings di mana pengguna bisa mendapatkan pelatihan, motivasi serta wawasan untuk membentuk aspek-aspek penting dari kesehatan mereka.


Peran Ayah dalam Tumbuh Kembang Anak

Posted by: monol

Tagged in: Untagged 

Pada umumnya orang akan membayangkan sosok ibu ketika ditanya figur orangtua yang mengasuh. Padahal, ayah di era modern ini mengambil peran tak kalah besar dalam membesarkan anak-anaknya.

Banyak anak yang lebih memilih ibu mereka, terutama anak yang masih kecil, karena adanya ikatan fisik yang kuat selama 9 bulan sebelum dilahirkan. Memperingati Hari Ayah internasional, rasanya penting untuk mengingat kembali bahwa peran ayah sama bernilainya dalam pertumbuhan fisik, emosional, dan intelektual, seorang anak.

Seorang anak memang akan tumbuh menjadi pribadi yang dewasa dan lebih kuat dengan kehadiran orangtuanya secara lengkap. Anak butuh ayah karena sosok ayah memberikan sesuatu yang berbeda dari ibunya. Anak laki-laki menjadikan tv online euro ayahnya panutan agar mereka bisa berperilaku sebagai seorang laki-laki. Sementara anak perempuan melihat ayah mereka sebagai contoh untuk bersosialisasi dengan dunia pria.

Anak lebih cerdas

Penelitian membuktikan bahwa ayah, atau kehadiran ayah, dalam tumbuh kembang anak sangat penting. Seorang anak yang ayahnya yang terlibat dalam pengasuhan, memiliki kompetensi kognitif (fungsi otak) dan lebih berhasil dalam akademiknya. Selain itu, anak-anak juga akan lebih menikmati sekolah serta aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler.

Minim masalah perilaku 

Selama bertahun-tahun, penelitian menunjukkan, anak yang memiliki ayah yang baik akan tumbuh menjadi anak yang tidak terlalu agresif, memiliki kepercayaan diri yang baik, serta gangguan perilaku yang lebih rendah.

Anak yang tumbuh dalam peran aktif ayahnya dalam pengasuhan juga akan lebih tahan menghadapi stres dan frustasi, serta kemampuannya menyelesaikan masalah dan beradaptasi lebih baik. 

Anak-anak yang tumbuh dengan kehadiran ayahnya di rumah juga lebih jarang mengalami masalah emosional yang menyebabkannya melakukan kekerasan di usia dewasa. 

Memengaruhi hubungan anak kelak

Ayah merupakan role model untuk anak-anaknya, dan cara mereka memperlakukan istrinya, ibu dari anaknya, berpengaruh pada kehidupan anak di masa depan.

Penelitian membuktikan, anak laki-laki yang ayahnya kurang respek pada istrinya akan tumbuh menjadi anak yang streaming euro lebih agresif pada perempuan, sementara pada anak perempuan akan cenderung terjebak dalam hubungan tidak sehat dengan pria.

jika peran ayah tidak ada

Jika kita membicarakan pentingnya seorang ayah, mungkin akan lebih jelas jika kita mengetahui apa yang terjadi ketika peran ayah tidak ada.

ari sudut pandang ekonomi, anak yang tidak memiliki ayah cenderung lebih miskin secara ekonomi dibandingkan dengan anak yang orangtuanya lengkap. 

Bagi anak perempuan, ketiadaan figur ayah berkaitan dengan risiko anak menikah muda. Ayah memiliki fungsi sebagi pelindung, baik fisik atau emosional. Sebagai sosok orang yang kuat secara tradisional, ayah berperan sebagai pelindung dari semua ancaman yang mungkin dialami anak, misalnya bullying atau kekerasan.


Impor Bahan Obat Tembus Rp 11 T

Posted by: aeni

Tagged in: Untagged 

Nilai impor bahan baku obat diprediksi mencapai Rp 11,4 triliun pada 2012, atau naik 8,5% dibandingkan tahun lalu Rp 9,59 triliun. Angka tersebut mencapai 95% dari total nilai bisnis bahan baku obat di Indonesia.

"Nilai bisnis bahan baku impor tersebut sekarang telah mencapai 25% dari total nilai bisnis farmasi nasional," ujar Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pemasok Bahan Baku Obat (Pharma Materials Management Club/PMMC) Kendrariadi Suhanda di Jakarta, Kamis (8/3).

Data IMS Health yang menunjukkan, tahun 2011, pasar farmasi nasional mencapai Rp 43,08 triliun. Tahun 2012, pasar farmasi nasional diproyeksikan tumbuh sekitar 13% menjadi Rp 48,61 triliun dari tahun lalu.

Kendrariadi melanjutkan, Indonesia saat ini mengimpor bahan baku obat terbanyak dari Tiongkok, India, dan kawasan Eropa. Tiongkok masih menjadi negara sumber pemasok terbesar kebutuhan bahan baku obat Indonesia, yakkni sekitar Rp 6,84 triliun (60%), India di posisi kedua Rp 3,42 triliun (30%), dan Eropa Rp 1,4 triliun (10%).

Sementara itu, Deputi Kemenko Perekonomian Eddy Putra Irawadi mengatakan, pemerintah dan pelaku usaha tengah merancang upaya menekan ketergantungan impor tersebut, mulai dari komponen bahan baku hingga teknologi yang digunakan.
BERITA TERKAIT

   Susu Bayi 6 Bulan Yang Bagus
   Tips Cara Mudah Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami
   Resep Kue Kering Lebaran Terbaru Lengkap Mudah

Pemerintah bertekad bisa memangkas hingga 20% dari total ketergantungan itu, dengan mendorong produksi bahan baku obat substitusi di dalam negeri. "Karena itu, investor juga membutuhkan fasilitas insentif dan kemudahan guna mendorong peluang membangun industri bahan baku obat di sini," imbuh Eddy.

Menurut dia, investor asal India saat ini sangat tetarik membangun pabrik bahan baku obat di Tanah Air di tengah krisis ekonomi yang melanda Eropa. Namun, mereka juga menanyakan sejumlah peluang insentif yang bisa didapatkan jika merealisasikan investasinya.

"Tax holiday, tax allowance, ja-minan bea masuk (BM), fasilitas kawasan ekonomi, hingga jaminan investasi merupakan insentif-insentif yang menjadi perhatian calon investor," katanya.

Edy melanjutkan, beberapa komponen bahan baku obat dan teknologi farmasi sebenarnya sudah dibuat di Indonesia. Bahkan, Indonesia telah memiliki laboratorium yang mampu memproduksi penisilin, gelatin, kapsul, infus, dan bahan pendukung lainnya.

"Tapi, kita tetap kejar investasi asing agar mau masuk ke sini, mulai dari kimia hingga industri bahan bakunya, termasuk ketersediaan teknologinya, sehingga ketergantungan terhadap impor berkurang," kata Eddy.

Kerja Keras

Kendrariadi berpendapat, upaya membangun industri bahan baku obat di Indonesia membutuhkan kerja keras. Pasalnya, saat ini, beberapa industri bahan baku obat setengah jadi di Tanah Air juga masih mengandalkan bahan dasar impor. Dia mencontohkan produk parasetamol dan penisilin.

"Hal itu terjadi karena pengoperasian industri bahan baku obat di Indonesia kurang mempunyai daya saing karena membutuhkan biaya tinggi," tuturnya.

Karena itu, pengembangan industri farmasi harus dimulai dari industri kimia dasar agar kuat. Selain itu, pembangunan pabrik bahan baku obat di Indonesia juga harus memperhitungkan pasokan ke pasar ekspor. Sebab, pasar farmasi .nasional saat ini masih relatif kecil atau hanya sekitar 0,3-0,4% dari total pasar farmasi dunia.

"Jadi, perhitungkan industri dasarnya, pasar, hingga teknologi yang diaplikasi, sehingga mudah digunakan dan efisien. Kita juga harus mulai mengembangkan risetnya, misalnya bekerja sama dengan universitas dan harus didukung pemerintah," kata dia.

Perlu Insentif

Sementara itu, produsen farmasi di Tanah Air terang-terangan meminta pemerintah memberikan fasilitas insentif tax holiday. Hal tersebut dibutuhkan untuk memacu investasi di sektor farmasi.

Ketua Asosiasi Perusahaan Farmasi Asing di Indonesia (International Pharmaceutical Manufacturer Group/IPMG) Luthfi Mardiansyah mengatakan, jika insentif itu diberikan, investasi baru akan mengalir signifikan ke Indonesia. Bahkan, peluang investasi bahan baku farmasi juga akan naik signifikan.

"Industri farmasi membutuhkan insentif karena membutuhkan modal besar, minimal US$ 100 juta. Investasi di sektor ini pun membutuhkan insentif, misalnya diberikan tax holiday selama lima tahun," ujar Luthfi.

Menanggapi hal itu, Menteri Perindustrian MS Hidayat tidak mau berkomentar banyak. Apalagi, sebelumnya, pemerintah sudah mengumumkan investor yang berhak menerima insentif tax holiday.

"Syaratnya sudah jelas, yakni nilai investasinya harus signifikan, syukur-syukur di luar pulau Jawa dan menyerap tenaga kerja, itu mungkin bisa dipertimbangkan. Tapi kalau obat atau bahan baku, saya kira tidak ada," kata dia.


Cara unik menumbuhkan minat baca pada anak

Posted by: zonahape

Tagged in: Untagged 

Ada langkah unik warga di Purbalingga Jawa Tengah utk menarik kesukaan baca anak-anak dengan mendatangkan perpustakaan keliling akan tetapi bukan hanya perpustakaan keliling umum sang yang miliki membawa buku-bukunya dengan memanfaatkan kuda dari desa ke desa. Tiga hari dalam 1 minggu Ridwan Sururi warga Purbalingga Jawa Tengah ini punyai kesibukan unik bersiap bersama-sama kuda kesayangannya Luna Pria yg akrab di sapa

Ruri ini membawa buku-buku dalam kotak privat berkeliling desa sembari banyak membawa buku Ruri lantas banyak di tunggulah anak-anak yg tinggal di daerah gunung Slamet perpustakaan ala Ruri ini memanjakan anak-anak utk tertarik membaca beraneka buku yg di bawanya maklum saja tdk banyak perpustakaan di daerah ini bahkan juga anak-anak ini mesti meniti perjalanan satu jam utk dapat menemukannya perpustakaan.

Tekad Ruri lantas di sambut anak-anak teratur buat mereka utk menukar buku bacaan. Buku-buku di perpustakaan Ruri ini di mampu dari koleksinya sekalian sumbangan dari rekan-rekannya sistim peminjaman streaming rcti buku di perpustakaan kuda ini lantas cuma di tulis saja dengan sebutan lain seluruh anak dapat gratis nikmati buku-buku yg ada.

Ruri lantas masih tetap punyai ambisi biar dapat lengkapi koleksi perpustakaannya sampai 1. 000 buku arah Ruri membiasakan anak-anak di desanya ini utk membaca masih tetap butuh usaha yg sekitar lebih data tubuh pusat statistik th. 2012 selanjutnya 92% anak-anak umur 10 th. lebih menentukan menyaksikan tv dibanding dengan membaca buku.

Ada langkah unik warga di Purbalingga Jawa Tengah utk menarik kesukaan baca anak-anak dengan mendatangkan perpustakaan keliling akan tetapi bukan hanya perpustakaan keliling umum sang yang miliki membawa buku-bukunya jadwal euro eropa dengan memanfaatkan kuda dari desa ke desa. Tiga hari dalam 1 minggu Ridwan Sururi warga Purbalingga Jawa Tengah ini punyai kesibukan unik bersiap bersama-sama kuda kesayangannya Luna

Pria yg akrab di sapa Ruri ini membawa buku-buku dalam kotak privat berkeliling desa sembari banyak membawa buku Ruri lantas banyak di tunggulah anak-anak yg tinggal di daerah gunung Slamet perpustakaan ala Ruri ini memanjakan anak-anak utk tertarik membaca beraneka buku yg di bawanya maklum saja tdk banyak perpustakaan di daerah ini bahkan juga anak-anak ini mesti meniti perjalanan satu jam utk dapat menemukannya perpustakaan.

Tekad Ruri lantas di sambut anak-anak teratur buat mereka utk menukar buku bacaan. Buku-buku di perpustakaan Ruri ini di mampu dari koleksinya sekalian sumbangan dari rekan-rekannya sistim peminjaman buku di perpustakaan kuda ini lantas cuma di tulis saja dengan sebutan lain seluruh anak dapat gratis nikmati buku-buku yg ada.

Ruri lantas masih tetap punyai ambisi biar dapat lengkapi koleksi perpustakaannya sampai 1. 000 buku arah Ruri membiasakan anak-anak di desanya ini utk membaca masih tetap butuh usaha yg sekitar lebih data tubuh pusat statistik th. 2012 selanjutnya 92% anak-anak umur 10 th. lebih menentukan menyaksikan tv online dibanding dengan membaca buku.


Aplikasi Jamkesmas

Opini

Begini Prosedur Layanan Gratis BPJS Buat Pemudik


BPJS Kesehatan memberikan layanan kesehatan gratis bagi para pemudik. Para peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang sedang mudik Lebaran tahun ini, dijamin bisa memperoleh pelayanan biodata artis indonesia kesehatan dengan prosedur yang lebih ringkas. Direktur Pelayanan BPJS Kesehatan Maya A Rusady mengatakan, peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar w...   Read more

Oleh: , 01 Jul 2016.

Ucapan Hari Raya Idul Adha


Ucapan Hari Raya Idul Adha - idul adha atau sering disebut idul qurban merupakan hari besar umat islam dimana hari raya tersebut menapak tilasi ketaqwaan nabi Ibrahim as,dan bulan ini juga disebut bulan haji karena tepat dengan pelaksanaan puncak ibadah haji di arab saudi. bagi kita selaku umat islam yang tentunya harus melaksaakan kegiatan di hari raya idul adha ini dengan melaksanakan shalat ied...   Read more

Oleh: , 28 Jun 2016.

Dinas Kesehatan Bali Jamin Faskes Pemerintah Bebas Vaksin Palsu


Dinas Kesehatan Bali menjamin vaksin palsu tidak beredar di fasilitas kesehatan milik pemerintah daerah di kawasan Pulau Dewata. Kadis Kesehatan Bali Ketut Suarjaya menyatakan hasil pemantauan tupperware ke sejumlah fasilitas kesehatan di bawah naungan pemerintah tidak ditemukan adanya peredaran vaksin palsu."Kami jamin untuk di puskesmas sampai rumah sakit pemerintah tidak ada, karena kami me...   Read more

Oleh: , 27 Jun 2016.

Dinkes Riau Pantau Peredaran Vaksin Palsu


Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau memantau peredaran vaksin palsu dengan menggandeng Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). "Sekarang pihak Dinkes sedang melakukan pantauan terhadap peredaran vaksin ini, secara resmi melalui surat kami telah menginstruksikan kepada dinkes kabupaten/kota untuk meninjau khususnya di Rumah Sakit (RS) tipe C swasta, klinik, apotik dan praktek dokter mandiri," ...   Read more

Oleh: , 26 Jun 2016.

Periksa Kesehatan Dapat Kurangi Risiko Kecelakaan


Kontrol kesehatan untuk pengemudi utama untuk kurangi aspek resiko kecelakaan di jalan raya ketika mudik lebaran, " kata Direktur Jenderal Service Kesehatan Kemenkes RI, dr. Bambang Wibowo, Sp. OG (K) , MARS, streaming euro pada pembukaan pertemuan sosialisasi kesehatan untuk menghindar aspek resiko kecelakaan waktu mudik lebaran 2016/1437 H, di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Rabu (08/0...   Read more

Oleh: , 24 Jun 2016.

Poling

Menurut anda, dengan penggunaan software INA DRG, apakah masih ada penyimpangan klaim?




Results

Produk Peraturan

Surat Edaran Menteri Kesehatan Tentang Penggunaan Database Kepesertaan Program Jamkesmas

Lihat semua Surat Edaran

Agenda

July 2016
S M T W T F S
26 27 28 29 30 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 1 2 3 4 5 6

Tamu Online

We have 150 guests and 1 member online

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini497
mod_vvisit_counterKemarin14682
mod_vvisit_counterMinggu ini93844
mod_vvisit_counterMinggu Kemarin146420
mod_vvisit_counterBulan ini497
mod_vvisit_counterBulan Kemarin536542
mod_vvisit_counterKeseluruhan22048188