Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan

Opini

Artikel, Opini, dan berita lain
Category >> Opini

Dorong Peningkatan Kesehatan Masyarakat Lewat "Kebun Gizi"

Posted by: rokib

Tagged in: Untagged 

Kekurangan gizi masih merupakan masalah utama yang di hadapi oleh Indonesia. Data Global Nutrition Report menyatakan, Indonesia termasuk negara yang memiliki masalah gizi yang kompleks, karena tidak hanya berhubungan dengan kesehatan saja namun juga ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan lingkungan.

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menunjukan, sebanyak 19,6 persen anak di Indonesia masih kekurangan gizi, sebanyak 93,6 persen penduduk Indonesia masuk dalam kategori kurang makan buah atau sayur. Padahal, peran buah dan sayur berfungsi membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, dan mencegah berbagai penyakit. Rendahnya ketahanan pangan dan daya beli masyarakat, menjadi penyebab masalahan ini.

General Manager Brand Strategy Group PT Sharp Electronics Indonesia, Haruhiko Sano, mengatakan, mencermati kondisi tersebut, pihaknya menghadirkan program Corporate Social Responsibility (CSR) "Kebun Gizi" yang merupakan program berbasis lingkungan dan kesehatan guna meningkatkan pola konsumsi sayuran guna memenuhi kebutuhan gizi masyarakat Indonesia.

"Program berbasis masyarakat ini menjadi upaya untuk memenuhi kebutuhan makan sayur di tengah masyarakat dengan memanfaatkan lahan pekarangan maupun media lainnya. Bersama organisasi nirlaba Rumah Zakat, kami berusaha untuk memenuhi gizi masyarakat dengan cara memberdayakan harga sepatu roda warga desa dengan memanfaatkan sumber daya alam atau potensi setempat," kata Sano dalam siaran persnya, Jumat (26/8).

Menggunakan pekarangan rumah warga sebagai kebun contoh, lanjut dia, Sharp membangun Green House yang menjadi pusat pelatihan bagi warga. Kebun Gizi yang digagas Sharp, berisikan berbagai tanaman sayuran dan apotek hidup atau dewasa ini lebih dikenal sebagai tanaman herbal.

"Nantinya tanaman dan sayuran ini dapat dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari menjadi suplai vitamin dan aneka makanan pemenuh gizi warga serta pengobatan langsung. Semester pertama sayuran yang akan ditanam adalah sosin, pokcoy, selada air, tomat, kacang panjang dan lainnya. Lalu, akan dimulai untuk menanam buah-buahan pada semester berikutnya," kata Sano.

Pola tanam hidroponik yaitu budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman, menjadi pilihan. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, sehingga cocok diterapkan pada daerah dengan pasokan air terbatas. Sayuran yang dihasilkan pun akan lebih terjamin kesehatannya.

"Banyak sekali manfaat yang di dapat dari program ini, kami ibu-ibu Dusun Pajaten jadi memiliki kegiatan positif. Selain itu, kami pun dapat memanfaatkan sampah plastik jadi pot tanaman, pekarangan juga menjadi lebih hijau," ujar Ceu Eha, salah seorang warga desa penerima manfaat yang merupakan penggerak wanita Dusun Pajaten, Desa Sirnabaya, Karawang.

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang mencatat, hingga 6 Mei 2016 ada sekitar 166 balita yang terkena gizi buruk, dengan rincian 79 merupakan kasus lama dan 85 kasus baru. Faktor utama penyebab adanya kasus ini adalah karena pola asuh yang salah , minimnya pengetahuan sang ibu, hingga minimnya ketersediaan makanan dirumah.

"Kami merasa senang dapat bekerjasama dengan Sharp yang memiliki perhatian khusus terhadap masalah gizi. Kami berharap, program ini dapat berjalan terus dan dapat dilaksanakan di daerah lainnya juga," tambah Heni Widiastuti, Direktur Program Rumah Zakat.


Kesehatan di  Perbatasan - Meski saat ini pemeritah tengah menggalakkan pembangunan beragam infrastruktur di wilayah perbatasan, kondisi pendidikan dan kesehatan di perbatasan masih memprihatinkan. Terlebih di perbatasan Indonesia-Malaysia, khususnya di wilayah Kapuas Hulu.

"Kita akui pembangunan sudah banyak masuk, namun kami minta pendidikan dan kesehatan daerah perbatasan masih sangat memerlukan perhatian pemerintah," kata Tokoh Adat Kecamatan Badau, Luther di Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Ia bahkan mengaku merasa malu dengan kondisi pendidikan dan kesehatan perbatasan, karena dari sarana dan prasarana kedua bidang tersebut jauh tertinggal dari negara Malaysia. "Kami malu, berobat di Malaysia gratis, tetapi jika berobat di tempat kita harus punya banyak uang," ujar Luther.

Luther pun meminta pemerintah pusat tidak hanya terfokus membangun infrastruktur jalan dan jembatan di daerah perbatasan, namun lebih jauh penting bidang pendidikan dan kesehatan Harga Ban Motor , yang menjadi kebutuhan masyarakat.

"Masih banyak yang belum diperhatikan khusus untuk bidang pendidikan dan kesehatan, peralatan medis masih sangat tertinggal begitu juga bidang pendidikan, apa gunanya jalan bagus jembatan bagus tapi pendidikan dan kesehatan tertinggal," ungkap dia.

Menurut Luther, pada prinsipnya masyarakat sangat mendukung pembangunan dari pemerintah, asalkan pembangunan tersebut benar-benar bermanfaat bagi masyarakat dan dikerjakan dengan mengutamakan kualitas pekerjaan.

Sebagai tokoh di perbatasan, ia juga meminta sejumlah pejabat yang berkunjung di perbatasan tidak hanya seremonial saja, namun benar-benar menyerap aspirasi apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Dengan banyaknya proyek pembangunan masuk ke daerah perbatasan, kata dia, perlu juga dilakukan pengawasan dari pihak terkait. “Jangan sampai anggaran yang begitu besar tidak terlaksana dengan baik,” ucapnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kapuas Hulu, Mukhsin mengatakan bahwa Harga Velg TDR apa yang menjadi kebutuhan masyarakat perbatasan seharusnya didata dan disampaikan secara tertulis, agar ada dasar untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat.

"Kebutuhan masyarakat perbatasan memang harus benar-benar disampaikan hingga ke pemerintah pusat apalagi yang berkaitan dengan pendidikan dan kesehatan, namun perlu dilakukan pendataan terlebih dahulu, dan kita harus melihat skala prioritas," tutur Mukhsin.


 Pemerintah bekerja bersama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis kirim tenaga medis beragam spesialisi ke beberapa daerah pelosok serta perbatasan untuk menyadarkan orang-orang bakal utamanya kesehatan.

Menteri Kesehatan, Nila Djuwita Farid Moeloek, menyampaikan ancaman penyakit menular menebar ke beragam penjuru dunia harga speaker. Saat resmikan Kongres Nasional Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga, Hidung, Tenggorok - Bedah Kepala Leher Indonesia (PERHATI-KL) di Solo, Kamis siang (25/8) Menkes mengatakan virus Zika, TBC, demam kuning, dsb.

Menkes Djuwita juga mengatakan permasalahan rendahnya kepedulian warga pada kesehatan, temuan peredaran vaksin palsu serta perokok umur anak jadi ancaman dari dalam negeri. Djuwita mengungkap service kesehatan belum rata di Indonesia serta butuh penguatan peran puskesmas ataupun tenaga medis di daerah untuk menyadarkan orang-orang bakal utamanya kepedulian pada kesehatan.

“Masyarakat Indonesia kita berharap sadar bakal melindungi kesehatan. Hasil pelajari kami mengatakan cuma 20 % dari jumlah warga di Indonesia yang perduli serta sadar utamanya kesehatan. Serta permasalahan lain yang muncul serta telah berlangsung sekarang ini yakni kurangnya sumber daya manusia di bagian kesehatan. Distribusi  harga speaker simbadda dokter spesialis, dokter umum, maupun tenaga kesehatan yang lain memanglah belum rata dengan cara nasional. Ada banyak yang terpusat di kota-kota besar. Ada banyak orang-orang di pelosok daerah atau perbatasan lintas negara di Indonesia yang belum memperoleh keadilan service kesehatan, " terang Menteri Kesehatan, Nila Djuwita Moeloek.

" Kami dari Kementerian Kesehatan telah menggandeng perhimpunan tenaga kesehatan ataupun dokter spesialis, ada lima yakni kebidanan, anak, bedah, serta anestesi. Lima perhimpunan ini telah menyebutkan bakal mendistribusikan dokter yang baru lulus spesialisnya di bagian itu ke kabupaten/kota di daerah yang lebih pelosok atau pedalaman serta ini tinggal menanti Inpres atau surat resmi Instruksi Presiden. Dokter yang lulus spesialis ini bakal melakukan setahun dedikasi di daerah pelosok, ” lanjutnya.

Selanjutnya Menkes memberikan dokter yang melayani orang-orang di service primer puskesmas bakal ditingkatkan kompetensinya untuk menangani 155 type penyakit sebelumnya memberi referensi ke tempat tinggal sakit.

Dalam peluang itu, Menkes Nila juga mencontohkan hal simpel tentang kurang pedulinya orang-orang pada kesehatan telinga, terlebih pada anak-anak. Banyak orangtua yang malas bersihkan kotoran di telinga anak hingga mengakibatkan pendengaran anak jadi menyusut.

Kementerian Kesehatan sekarang ini juga memonitor keadaan kesehatan beberapa jemaah calon haji dari beragam daerah di Indonesia yang ada harga speaker aktif di Arab Saudi serta mewaspadai ancaman penyebaran virus Mers CoV ataupun keadaan kesehatan beberapa atlet Indonesia yang ikuti Olimpiade di Brazil untuk mewaspadai ancaman penyebaran virus Zika.

Disamping itu, ketua umum Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok-Bedah Kepala Leher (PERHATI-KL), Ratna Dwi Restuti menyampaikan nyaris separuh populasi orang-orang Indonesia tak perduli bakal kesehatan telinga serta nyaris empat % alami infeksi telinga.


Acer Luncurkan 12 Produk Sekaligus di indonesia

Posted by: ayunuria

Tagged in: Untagged 

Acer Indonesia hari ini meluncurkan deretan product paling barunya yang siap merambah beragam segmen. Tak tanggung-tanggung produsen asal Taiwan itu mendatangkan 12 product sekalian. Dari 12 product yang dikenalkan, Acer mempunyai dua product unggulan, yaitu Acer Switch Alpha 12, serta notebook ultra-slim Acer Aspire S13. Switch Alpha 12 adalah notebook 2-in-1 pertama didunia yang memakai processor Intel Core i5 serta i7 generasi ke-6 dengan system pendingin bebas debu serta bising. Sesaat Acer Aspire S13 dibalut cover alumunium yang menawan dengan ketahanan baterai sampai 13 jam.

 

 

Kami dengan bangga mengenalkan rangkaian product di bulan yang penuh barokah ini untuk menjawab keperluan customer di Indonesia. Ke depan Acer selalu menggali keperluan orang-orang bakal satu piranti komputasi, hingga kami bisa senantiasa mengerti serta lakukan beragam inovasi sesuai sama hasrat customer, " tutur President Director Acer Indonesia, Harbet Ang di Jakarta, Rabu.

Deretan piranti terbaru harga notebook Acer yang lain yaitu Acer One 10+ yang disebut generasi ke-2 dari Acer One 10. Untuk product 2-in-1, Acer menunjukkan Switch 10E, Switch Alpha 12 serta Switch 12S. Isi segemen consumer, ada piranti Acer One 14, Aspire E5-475 serta Aspire S13.

Sesaat untuk product komersial, ada Chromebook 14. Untuk Mini PC, Acer keluarkan Revo Build. Untuk product All-In-One Acer mendatangkan AZ20-780, adalah paduan dari PC, destop serta computer. Menjawab keperluan beberapa gamer, Acer meluncurkan Predator 17X serta Desktop Predator G1 harga laptop acer.


Isu kenaikan harga rokok, demi kesehatan rakyat atau pemasukan negara?

Posted by: soberius

Tagged in: Untagged 

 Walau pemerintah telah menyebutkan kalau mereka masihlah membahas besaran kenaikan harga rokok serta di pastikan akan tidak meraih Rp50 ribu, tetapi berita masalah wacana kenaikan harga rokok masihlah selalu di cari serta diperbincangkan di sosial media.

Kenaikan harga rokok mulai popular di sosial media mulai sejak Sabtu (20/8) lantas serta mulai bertambah pada Senin (22/8). Gosip masalah kenaikan harga rokok telah dicuitkan 81 ribu kali dalam periode waktu itu.

Wacana kenaikan harga rokok sampai Rp50. 000 per bungkus bermula dari riset studi Pusat Kajian Ekonomi serta Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Orang-orang, Kampus Indonesia.

Studi itu membahas support umum pada kenaikan harga kosmetik rokok serta cukai untuk mendanai jaminan kesehatan nasional (JKN) – yang umum di kenal sebagai BPJS.

Berdasar pada survey pada 1. 000 orang dari 22 propinsi dengan tingkat pendapatan dibawah Rp1 juta hingga diatas Rp20 juta, sejumlah 82% responden sepakat bila harga rokok dinaikkan untuk mendanai JKN.

RUU Pertembakauan dinilai untungkan industri tembakau
Apakah kenaikan harga rokok jalan keluar efisien?

Saat peserta di tanya berapakah harga rokok optimal yang mampu dibeli, sejumlah 72% menyebutkan bakal berhenti merokok bila harga satu bungkus rokok diatas Rp50. 000.

Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi pada BBC Indonesia telah menyampaikan kalau gagasan pemerintah menambah harga kosmetik jafra rokok yaitu untuk memberi pemasukan sekalian membuat perlindungan kesehatan.

Pemerintah, menurut Heru, masihlah membahas kenaikan tarif cukai rokok untuk penuhi tujuan penerimaan cukai pada RAPBN 2017 sebesar Rp149 triliun, tetapi hingga sekarang ini besaran kenaikannya belum diputuskan.

" Pemerintah juga memiliki komitmen untuk dengan cara gradual kurangi mengkonsumsi ini (rokok), selanjutnya memanglah kita mesti bikin orang-orang Indonesia itu sehat, namun bila lewat cara (kenaikan harga) yang begitu mencolok, malah di kuatirkan menyebabkan efek lain, " kata Heru.


Yayasan Kalla dan FKM UMI Kerjasama Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

Posted by: rokib

Tagged in: Untagged 

Silaturahmi tersebut disertakan dengan kesepakatan menjalin kerjasama dalam bidang pendampingan peningkatan kesehatan masyarakat. 
Silaturahim antara kedua belah pihak, dilakukan harga sepatu nike di Ruang Rapat Senat FKM UMI. Dan dihadiri langsung Koordinator Yayasan Kalla Syamril, ST, M.Pd dan Wakil Dekan III FKM UMI Surahman Batara.
"Pertemuan kami ini untuk menjalin kerjasama dalam membangun sinergitas program pendampingan masyarakat. Utamanya dalam dunia kesehatan masyarakat," kata Surahman kepada Rakyatku.com.
Kerja sama yang dilakukan dua lembaga tersebut akan melibatkan mahasiswa FKM UMI. "Nanti bulan September kita akan awali dengan pelaksanaan seminar. Sekaligus penandatanganan kerjasama itu," sambung Surahman.
Sementara Syamril, mengungkapkan kebahagiaanya atas kerja sama yang terjalin itu. "Kita berterima kasih atas kerja harga sepatu nike wanita sama dan kesediaan FKM UMI untuk bekerjasama. Utamanya dalam bidang gizi, sanitasi dan beberapa hal yang menjadi persoalan di masyarakat selama ini,


BPJS Kesehatan Buka Lowongan Kerja, Ini Persyaratannya

Posted by: Alikan

Tagged in: Untagged 

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) akan buka lowongan kerja untuk sebagian posisi.

BUMN ini buka lowongan untuk dokter serta perawat dengan umur optimal 32 th. untuk dokter umum, serta 25 th. untuk keperawatan. Diluar itu, ucapan selamat malam ada pula syarat-syarat lain yang perlu ditempuh beberapa calon pelamar di BUMN yang dahulu bernama PT Asuransi Kesehatan (Askes) ini.

Lalu ucapan selamat pagi romantis buat pacar apa sajakah kriteria untuk lowongan pekerjaan di BPJS kesehatan? Tersebut daftarnya dari informasi yang diperoleh.
Dokter Umum (DR)

-Usia Max. 32 tahun
-Akreditasi Perguruan Tinggi PTN : min. C PTS : min. B
-IPK Minimal 2.5
-Status Menikah/Belum Menikah

D3 Keperawatan (KP)

-Usia Max. 25 tahun
-Akreditasi Perguruan Tinggi Min. B
-IPK Minimal 3,00
-Status Belum Menikah

Ketentuan:

1. Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia;
2. Bersedia untuk tidak menikah selama 1 (satu) tahun, kecuali bagi pelamar Dokter Umum yang pada saat melamar telah menikah;
3. Bersedia menyerahkan ijazah ASLI kepada pihak BPJS Kesehatan selama kurun waktu 2 (dua) tahun sejak terangkat menjadi Calon Pegawai (Capeg).

Cara Mendaftar:

Berkas Lamaran dapat anda sampaikan langsung ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan di masing-masing ibukota provinsi di seluruh Indonesia dengan melampirkan berkas pendaftaran meliputi:
1. Fotocopy KTP;
2. Copy ijazah pendidikan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan dan telah dilegalisir oleh Universitas/Perguruan Tinggi;
3. Copy transkrip nilai yang telah dilegalisir;
4. Keterangan Akreditasi jurusan (yang bisa diperoleh dari BAN-PT).

Panitia akan memberikan format isian CV yang akan dikembalikan pada saat dinyatakan lulus seleksi administrasi dan mengikuti tahap selanjutnya yaitu psikotest.

Berkas dikumpulkan dalam Map berwarna Biru untuk pelamar Dokter Umum dan Hijau untuk pelamar D3 Keperawatan dan dimasukan ke dalam amplop warna coklat dengan mencantumkan kode lamaran dan nomor kata kata gombal telepon yang bisa dihubungi di pojok kanan atas amplop.

Keterangan:

- Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 18 Mei 2016 pkl. 17.00 waktu setempat.
- Proses Penerimaan Pegawai ini TIDAK DIPUNGUT BIAYA/GRATIS.
- Waspadalah terhadap pihak-pihak yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan dan meminta sejumlah bayaran selama proses Penerimaan Pegawai berlangsung.
- Pelamar yang lulus Seleksi Administrasi akan diumumkan melalui website resmi BPJS Kesehatan www.bpjs-kesehatan.go.id dan atau melalui telepon/SMS.
- Pelamar yang lulus seleksi administrasi akan mengikuti proses selanjutnya yaitu Psikotest dengan membawa perlengkapan berupa : 1. Surat Lamaran;
2. CV yang telah diisi sesuai format yang telah diberikan;
3. SKCK yang masih berlaku dan dilegalisir;
4. KTP asli*;
5. Ijazah dan transkrip Asli*;
6. Pas foto berwarna dengan latar biru ukuran 3x4 2 (dua) lembar (untuk ditempelkan di kartu tes);
7. Alat tulis : Pensil 2B, Pensil HB, Karet penghapus, Ballpoint, dan Alas Papan ujian;
8. Pakaian ujian (Formal) : Atasan berwarna putih dan Bawahan berwarna hitam, tidak diperkenankan memakai baju kaos, celana jeans, dan sandal.

*Digunakan oleh Panitia untuk melakukan verifikasi dan akan dikembalikan setelah digunakan. Keputusan Panitia adalah bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.


Ini Dia Tugas Penting Tenaga Kesehatan Puskesmas

Posted by: rokib

Tagged in: Untagged 

Tenaga kesehatan di puskesmas tak hanya bertugas mengobati orang sakit (kuratif) dan merawatnya agar sembuh (rehabilitatif). Tugasnya tak terbatas pada layanan di dalam puskesmas saja. Yang perlu diperhatikan, di luar puskesmas justru banyak komunitas masyarakat.

“Misalnya, kita mengetahui seseorang mengidap TB di wilayah kita. Apakah kita hanya mengobati saja, tanpa kita pikirkan bagaimana lingkungan, tempat tinggal atau nutrisinya?,”Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K), dalam sambutannya pada acara Penganugerahan kepada 216 orang Tenaga Kesehatan Puskesmas Teladan Tingkat Nasional Tahun 2016 di Jakarta.

Menurut menkes, kesehatan tak sekadar di hilir (mengobati) tetapi juga di hulu, yakni membentuk masyarakat yang mengerti tentang kesehatan dan mau menjadi manusia yang sehat dan menjaga kesehatan.

Itu artinya, tenaga kesehatan di puskesmas juga diharapkan mampu melihat permasalahan lebih mendalam.

Karena itu, demi mempercepat pencapaian program Indonesia Sehat, setiap puskesmas diharapkan melakukan kegiatan harga velg motor berbasis keluarga melalui pendekatan keluarga. Menkes minta agar setiap keluarga dikunjungi dan dipastikan tingkat kesehatannya. Selanjutnya, nakes harus melakukan kan pembinaan khususnya bagi anggota keluarga yang berisiko dengan masalah kesehatan.

“Saudara diharapkan dapat menjadi motivator serta inovator bagi masyarakat guna mendorong mereka untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat dengan mengkampanyekan CERDIK (Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup dan Kelola Stres) di berbagai tatanan masyarakat”, tandas Menkes.

Nakes Teladan merupakan perwakilan dari 34 Provinsi. terdiri dari 27 Dokter, 21 Dokter Gigi, 29 Perawat, 28 Bidan, 25 tenaga kesehatan masyarakat, 33 tenaga gizi, 18 tenaga kesehatan lingkungan, 16 ahli teknologi laboratorium medik, dan 19 tenaga kefarmasian.


Kesehatan Jantung Anak Penting Diperhatikan

Posted by: rokib

Tagged in: Untagged 

Bayi umumnya lahir dengan jantung yang sehat. Sehat saja tidak cukup. Pasalnya kesehatan penting untuk dijaga hingga tumbuh nama bayi kembangnya sempurna di kemudian hari. Khusus untuk anak-anak, menjaga kesehatan jantung dianggap penting.

Selama ini, kesehatan jantung anak justru kurang dijaga. Kesehatan jantung dapat dijaga mulai dari memperhatikan berat badan yang berhubungan dengan indeks massa tubuh, berolahraga, tidak merokok, menjaga makanan, tekanan darah dan gula darah.

"Alasan utama anak-anak menjaga kesehatan jantung untuk kebaikannya di masa mendatang. Menjaga pola makan dan aktivitas fisik sangat penting," kata peneliti utama, Dr. Julia Steinberger, seorang direktur kardiologi pediatrik di University of Minnesota di Minneapolis.

Sekitar 91 persen anak-anak memiliki pola nama bayi laki laki makan yang buruk. Mereka lebih sering mengonsumsi makanan bergula dan junk food. Kemudian, seperti dilansir dari Fox News, Senin (15/8), hanya setengah dari anak-anak antara usia 6 dan 11 tahun yang memenuhi jumlah minimum melakukan olahraga.

"Benar-benar mengejutkan. Keluarga harus memiliki komitmen. Sekolah juga harus terlibat dalam mempromosikan gaya hidup sehat di kalangan anak-anak," kata Steinberger.

Dari data yang ada, sepertiga harga sepatu nike dari anak-anak dan remaja mengalami peningkatan kadar kolesterol. Sedangkan 20 persen anak perempuan dan 37 persen anak laki-laki usia 12 sampai 19 tahun telah memiliki gula darah yang tinggi.


Tanggal 17 Agutsus 1945 adalah arti bersejarah untuk bangsa Indonesia, lantaran sudah dinyatakannya Bangsa Indonesia bebas dari penjajahan. Demikian besar layanan pahlawan-pahlawan kita untuk membebaskan Indonesia dari kekangan penjajah.

Kemerdekaan bermakna Indonesia mempunyai hak untuk mengatur semua bentuk masalah negara tidak ada intervensi dari negara lain. Indonesia mempunyai Jaminan Kesehatan Nasional yang pada th. 2019 kelak, terwujudnya Cakupan Semesta bakal jadi pintu gerbang dari harapan leluhur untuk jaminan motor honda terbaru sosial untuk semua rakyat Indonesia. Indonesia mesti bangga kalau saat ini Indonesia dapat menjaminkan semua kesehatan orang-orangnya karenanya ada BPJS Kesehatan sebagai tubuh penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional.

Bahkan juga dimata dunia, kita cukup hebat karenanya ada Jaminan Kesehatan Nasional yang dapat menjaminkan semua type penyakit, bahkan juga type penyakit katastropik yang membutuhkan banyak cost. Ini adalah satu diantara bukti kalau Indonesia telah dapat untuk bangkit serta bergerak menuju bangsa yang merdeka dalam makna yang sebenernya.

Mulai sejak zaman dulu, beberapa pahlawan kita bergotong-royong untuk mengusir penjajah dari bumi ibu pertiwi. Sekarang ini harga honda, kita bergotong royong untuk Jaminan Kesehatan Nasional untuk Indonesia yang lebih sehat. Lantaran karenanya ada gotong royong, semuanya tertolong.


Aplikasi Jamkesmas

Opini

Dorong Peningkatan Kesehatan Masyarakat Lewat "Kebun Gizi"


Kekurangan gizi masih merupakan masalah utama yang di hadapi oleh Indonesia. Data Global Nutrition Report menyatakan, Indonesia termasuk negara yang memiliki masalah gizi yang kompleks, karena tidak hanya berhubungan dengan kesehatan saja namun juga ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan lingkungan.Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menunjukan, sebanyak 19,6 persen anak di Indonesia masi...   Read more

Oleh: , 28 Agt 2016.

Tokoh Adat Badau: Berobat di Malaysia Gratis, di Indonesia Harus Punya Uang


Kesehatan di  Perbatasan - Meski saat ini pemeritah tengah menggalakkan pembangunan beragam infrastruktur di wilayah perbatasan, kondisi pendidikan dan kesehatan di perbatasan masih memprihatinkan. Terlebih di perbatasan Indonesia-Malaysia, khususnya di wilayah Kapuas Hulu."Kita akui pembangunan sudah banyak masuk, namun kami minta pendidikan dan kesehatan daerah perbatasan masih sangat memer...   Read more

Oleh: , 26 Agt 2016.

Menkes: Tingkat Kepedulian Masyarakat Indonesia pada Kesehatan Rendah


 Pemerintah bekerja bersama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis kirim tenaga medis beragam spesialisi ke beberapa daerah pelosok serta perbatasan untuk menyadarkan orang-orang bakal utamanya kesehatan.Menteri Kesehatan, Nila Djuwita Farid Moeloek, menyampaikan ancaman penyakit menular menebar ke beragam penjuru dunia harga speaker. Saat resmikan Kongres Nasional Perhimpunan Dokter Spesialis T...   Read more

Oleh: , 26 Agt 2016.

Acer Luncurkan 12 Produk Sekaligus di indonesia


Acer Indonesia hari ini meluncurkan deretan product paling barunya yang siap merambah beragam segmen. Tak tanggung-tanggung produsen asal Taiwan itu mendatangkan 12 product sekalian. Dari 12 product yang dikenalkan, Acer mempunyai dua product unggulan, yaitu Acer Switch Alpha 12, serta notebook ultra-slim Acer Aspire S13. Switch Alpha 12 adalah notebook 2-in-1 pertama didunia yang memakai processo...   Read more

Oleh: , 24 Agt 2016.

Isu kenaikan harga rokok, demi kesehatan rakyat atau pemasukan negara?


 Walau pemerintah telah menyebutkan kalau mereka masihlah membahas besaran kenaikan harga rokok serta di pastikan akan tidak meraih Rp50 ribu, tetapi berita masalah wacana kenaikan harga rokok masihlah selalu di cari serta diperbincangkan di sosial media.Kenaikan harga rokok mulai popular di sosial media mulai sejak Sabtu (20/8) lantas serta mulai bertambah pada Senin (22/8). Gosip masalah ke...   Read more

Oleh: , 24 Agt 2016.

Poling

Menurut anda, dengan penggunaan software INA DRG, apakah masih ada penyimpangan klaim?




Results

Produk Peraturan

Surat Edaran Menteri Kesehatan Tentang Penggunaan Database Kepesertaan Program Jamkesmas

Lihat semua Surat Edaran

Agenda

August 2016
S M T W T F S
31 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31 1 2 3

Tamu Online

We have 240 guests and 1 member online

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini4456
mod_vvisit_counterKemarin8337
mod_vvisit_counterMinggu ini87954
mod_vvisit_counterMinggu Kemarin89529
mod_vvisit_counterBulan ini468718
mod_vvisit_counterBulan Kemarin398949
mod_vvisit_counterKeseluruhan22915358