Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan

Opini

Artikel, Opini, dan berita lain
Category >> Opini

PROGRAM INDONESIA SEHAT UNTUK ATASI MASALAH KESEHATAN

Posted by: blogiciouz

Tagged in: Untagged 

Indeks Pembangunan Manusia Indonesia dari th. ke th. bertambah, meski sekarang Indonesia masihlah ada pada ranking 108 dari 187 negara didunia. Pembangunan manusia secara prinsip yaitu usaha untuk memanusiakan manusia kembali. Mengenai usaha yang bisa ditempuh mesti dipusatkan pada semua sistem kehidupan manusia tersebut, dimulai dengan bayi dengan pemberian ASI serta imunisasi sampai lansia, dengan memberi jaminan sosial. Kebutuhan-kebutuhan pada tiap-tiap step kehidupan mesti tercukupi supaya bisa menggapai kehidupan yang lebih bermartabat.

Semua sistem ini mesti ditunjang dengan ketersediaan pangan, air bersih, sanitasi, daya serta akses ke layanan harga trail kesehatan serta pendidikan, terang Menkes Prof. Dr. dr. Nila F. Moeleok, Sp. M (K) selagi Jumpa Pers Awal Th. mengenai program kerja Kemenkes, di Jakarta (3/2).

Dalam rencana mendorong pembangunan manusia secara detail, butuh perhatian pada kesehatan sejak mulai awal atau sejak mulai Balita. Kita saksikan kalau begitu mutlak untuk lakukan investasi yang pas saat supaya perkembangan otak anak hingga umur 5 th. bisa jalan dengan baik, untuk hindari loss generation, jelas Menkes.

Ditegaskan, diantara satu ancaman serius pada pembangunan kesehatan, terutama pada kwalitas generasi yang akan datang, yaitu stunting. Di mana rata-rata angka stunting di Indonesia sebesar 37. 2%. Menurut standard WHO, persentase ini termasuk juga kelompok berat.

Menkes juga menyimak angka peristiwa pernikahan awal yang masihlah cukup tinggi serta kerentanan remaja pada tingkah laku sex berisiko dan HIV/AIDS terutama pada grup umur produktif.

Kematian ibu juga jadi tantangan dari saat ke saat. Ada beragam yang memicu kematian ini baik yang memicu segera ataupun tak segera, ataupun hal yang memicu yang sesungguhnya ada harga mobil daihatsu diluar bagian kesehatan tersebut, seperti infrastruktur, ketersedian air bersih, transportasi, serta nilai-nilai budaya. Hal-faktor non-kesehatan berikut yang malah memberi dampak besar lantaran bisa memastikan sukses tidaknya usaha penurunan angka kematian ibu, ungkap Menkes.

Guna kurangi efek kesehatan mirip contoh diatas, Kemenkes mengadakan Program Indonesia Sehat sebagai usaha wujudkan orang-orang Indonesia yang berperilaku sehat, hidup dalam lingkungan sehat, dan dapat mencapai service kesehatan yang berkualitas untuk menggapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Program Indonesia Sehat terdiri atas 1) Paradigma Sehat ; 2) Penguatan Service Kesehatan Primer ; serta 3) Jaminan Kesehatan Nasional. Ketiganya bakal dikerjakan dengan mengaplikasikan pendekatan continuum of care serta intervensi berbasiskan kemungkinan (health risk).

Paradigma sehat menyasar pada 1) penentu kebijakan pada lintas bidang, untuk mencermati efek kesehatan dari kebijakan yang di ambil baik di hulu ataupun di hilir, 2) Tenaga kesehatan, yang mengusahakan supaya modifikasi mobil suzuki new swift orang sehat tetaplah sehat atau tak jadi sakit, orang sakit jadi sehat serta orang sakit tak jadi lebih sakit ; 3) Institusi Kesehatan, yang dikehendaki aplikasi standard mutu serta standard tarif dalam service terhadap orang-orang, dan 4) Orang-orang, yang terasa kesehatan yaitu harta bernilai yang perlu dijaga.

Kementerian Kesehatan bakal lakukan penguatan service kesehatan untuk th. 2015-2019. Penguatan dikerjakan mencakup 1) Kesiapan 6. 000 Puskesmas di 6 regional ; 2) Terbentuknya 14 RS Rekomendasi Nasional ; dan Terbentuknya 184 RS Rekomendasi regional.

Khusus untuk daerah terpencil serta begitu terpencil, dibangun RS kelas D Pratama dengan kemampuan 50 Tempat Tidur untuk lebih mendekatkan service kesehatan rekomendasi. Pada regional Papua bakal didirikan 13 Tempat tinggal Sakit Pratama. Sesaat pada Regional Sumatera, Jawa, Bali-Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi bakal didirikan 55 Tempat tinggal Sakit Pratama.

Menkes menerangkan, Kementerian Kesehatan sudah lakukan implementasi e-catalogue pada pengadaan obat serta alat kesehatan di lingkup Unit Kerja Pemerintah. Hal semacam ini sudah di awali sejak mulai th. 2013 untuk obat, serta awal th. 2014 untuk alkes. Ini adalah bentuk riil tindak lanjut arahan Presiden RI supaya pengadaan barang/layanan di lingkup Pemerintah dikerjakan dengan cara elektronik.


Kesehatan Menurun, Pemeriksaan Rachmawati soal Makar Tertunda

Posted by: soberius

Tagged in: Untagged 

 Kontrol pada Rachmawati Soekarnoputri belum dikerjakan sampai Jumat malam, 2 Desember 2016, sebab keadaan kesehatannya tak stabil.

Rachmawati termasuk juga diantara sembilan tersangka yang lain berkaitan masalah sangkaan makar serta pelanggaran Undang-Undang Info serta Transaksi Elektronik (UU ITE), yang di tangkap pada Sabtu awal hari, 2 Desember 2016.

" Bu Rachma belum di check lantaran sakit. Mungkin saja Bu Rachma lagi istirahat. Kami masihlah awasi selalu, " ucap Ketua Advokasi Cinta Tanah Air (ACTA) Kris Ibnu, Depok, Jumat (2/11/2016).

Kris menerangkan, desakan darah Rachmawati meninggi. Hingga dengan argumen kesehatan menu hokben dia tak perbolehkan di check.

" Dari Brimob ada dinas kedokteran, ada dua dokter. Di check tensi serta di tanya tentang kesehatan dasarnya, " tutur dia.

Kris menjelaskan semua tersangka sangkaan makar serta pelanggaran UU ITE ada di Mako Brimob Kelapa II Depok. Mereka di check dengan cara terpisah.

" Ratna Sarumpet umpamanya, di check di Gedung Detasemen B, " Kris memungkasi.

Sementgara, dari 10 orang yang di tangkap, tujuh orang jadi tersangka sangkaan makar berinisial AD, E, KZ, RS, RA, SB, RK. Satu tersangka lain berkaitan sangkaan penghinaan pada penguasa berinisial AD. Sedang dua yang lain tidak mematuhi Undang-Undang ITE berinisial JA serta RK.


Sidoarjo Dorong Penguatan Kesehatan Masyarakat

Posted by: rokib

Tagged in: Untagged 

 Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, mendorong adanya penguatan kesehatan kepada masyarakat salah satunya dengan membudayakan pola hidup sehat melalui gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah di Sidoarjo, mengatakan gerakan masyarakat hidup sehat seperti yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo beberapa waktu lalu merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

"Gerakan ini ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat dan juga berbagai elemen masyarakat yang berlangsung secara sistematis terencana dengan kesadaran dan kemampuan hidup sehat," katanya saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek pada peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-52 di Alun-Alun Kabupaten Sidoarjo.

Ia mengemukakan, dalam program tersebut bertujuan untuk meningkatkan perilaku sehat demi meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

"Hal ini bertujuan untuk menguatkan komitmen dan tekad masyarakat serta semangat melayani dan menggerakkan aspirasi masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, pendekatan kepada keluarga untuk menciptakan perilaku hidup sehat juga perlu dilakukan karena melalui keluarga segala bentuk harga menu kfc seperti kesehatan dimulai.

"Kesehatan ini harus dijaga melalui gaya hidup sehat serta mengajak masyarakat berpartisipasi aktif untuk mengikuti jaminan kesehatan nasional, demi menciptakan masyarakat yang mandiri menuju Indonesia yang kuat," katanya.

Ia menambahkan, ada beberapa upaya yang dilakukan salah satunya adalah merencanakan pembangunan jangka panjang kesehatan yang bersifat kuratif yakni menolong penyembuhan, preventif atau pencegahan.

"Selain itu, juga ada promotif dimana menjadi kebutuhan tantangan Indonesia saat ini. Hal itu karena masih ditemukannya tiga beban kesehatan yakni masih tingginya penyait infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular serta munculnya kembali penyakit yang sudah teratasi," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang sudah mengalokasikan dananya untuk kebutuhan kesehatan.

"Pemerintah memberikan apresiasi kepada masing-masing pemerintah kabupaten dan provinsi yang sudah mengalokasikan dana sebesar 10 persen untuk kebutuhan kesehatan masyarakat,"


Jambore Kesehatan Tingkat Kecamatan

Posted by: soberius

Tagged in: Untagged 

 Berada di halaman kantor Kecamatan Pondok Aren digelar pembagian Piala serta hadiah lomba Jambore Kesehatan Tingkat Kecamatan pada pengurus Kader PKK serta Kader Posyandu di 11 Kelurahan se-Kecamatan Pondok Aren Th 2016.

Acara yang dikerjakan di halaman Kantor Kecamatan Pondok Aren pada hari Kamis (1/12-2016) di Jalan Graha Raya Bintaro Kelurahan Parigi Baru, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selata (Tangsel).

Ada dalam aktivitas itu Kabid Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Iin Sofiawati, Plt. Camat Pondok Aren, H. Makum Sagita, 11 Kepala Kelurahan se-Pondok Aren, Beberapa Kader PKK, Beberapa Kader Posyandu dengan estimasi yang ada 400 orang.

Dari pantauan bidiktangsel. com, inti dari aktivitas itu, adalah pertemuan tahunan pengurus serta anggota kader PKK serta harga avanza transmover Posyandu se-Kecamatan Pondok Aren, sekalian rangkaian aktivitas lomba Jambore Kesehatan dalam proses service pada orang-orang di bagian kesehatan oleh beberapa kader PKK serta kader Posyandu serta Poswindu.

Dalam sambutannya, Kabid. Promosi sebagai Koordinator Juri mengemukakan kalau lomba yang sudah dikerjakan di 11 Kelurahan tidak cuma mencari Juara namun untuk berikan motivasi supaya lebih tingkatkan service pada orang-orang.


Bahaya Pembungkus Makanan Berbahan Kertas bagi Kesehatan

Posted by: soberius

Tagged in: Untagged 

 Peneliti Pusat Riset Biomaterial Instansi Pengetahuan Pengetahuan Indonesia (LIPI), Lisman Suryanagara, mengingatkan orang-orang bakal bahaya kertas nasi serta kertas daur lagi untuk kesehatan manusia.

" Jadi kertas nasi untuk membungkus makanan seperti untuk nasi goreng, nasi bungkus, atau martabak yang berwarna coklat itu mempunyai efek jelek untuk kesehatan, umpamanya kurangi vitalitas untuk lelaki, " kata Lisman Suryanaga dalam acara Roadshow Food Safety Packaging di Bandung, Selasa 29 November 2016.

Menurut dia, area untuk menyimpan makanan selalu alami pergantian. Pemakaian bahan yang dipakai sebagai paket makan yang umum dipakai dari saat ke saat diantaranya keramik, kaca, plastik, kertas aluminium, sampai yang memiliki bahan basic kertas.

Bicara mengenai paket pangan memiliki bahan basic kertas yang paling umum dipakai di Indonesia, tuturnya, nyatanya ada banyak yang belum layak untuk jadikan sebagai paket pangan primer. " Misalnya ada banyak diketemukan pemakaian kertas koran, kertas sisa cetakan, atau kertas daur lagi sebagai paket nasi kotak, nasi bungkus, gorengan, serta kotak martabak, " tuturnya.


Berdasar pada penelitian yang dikerjakan LIPI, jumlah bakteri yang terdapat dalam kertas pangan yang terbuat dari kertas daur lagi sekitaran 1, 5 juta koloni per gr, sedang rata-rata kertas nasi yang umum dipakai beratnya 70-100 gr. Artinya, ada sejumlah 105 juta-150 juta bakteri yang ada di kertas itu. " Kandungan mikroorganisme di kertas daur lagi mempunyai nilai paling tinggi dibanding type kertas yang lain, ini melebihi batas yang ditetapkan, " katanya.

Beberapa zat kimia itu beresiko negatif pada badan manusia dandapat menyebabkan beragam penyakit seperti kanker, rusaknya hati serta kelenjar getah bening, mengganggu system endokrin, masalah reproduksi, tingkatkan resiko asma, serta mutasi gen.

Menurutnya, paket makanan memiliki bahan basic kertas non daur lagi dapat jadi jalan keluar untuk kurangi ketergantungan harga kosmetik jafra pemakaian paket daurulang, styrofoam, serta paket kertas non daur lagi baik untuk customer, makanan serta lingkungan.

Seperti diluar negeri, trennya telah seperti itu jadi untuk kurangi limbah lantaran umumnya paket ini biodegradable serta telah mempunyai standard keamanan, " katanya.

Rangkaian roadshow food safety packaging yang dikerjakan di tiga tempat, diantaranya Jakarta, Bandung, serta Semarang, di hadiri oleh sebagian nara sumber di bagian keamanan makanan, diantaranya Tubuh POM, LIPI, serta LPPOM MUI. Program ini mempunyai tujuan mengedukasi orang-orang untuk hidup sehat, satu diantaranya pilih paket pangan yang food grade serta higienis.

Sebagai alternatif yang lain, orang-orang bisa memakai paket pangan berkategori food grade yang seratus % terbuat dari serat alami dengan tanda-tanda penampilan berwarna putih bersih, tak berbintik-bintik, serta tak tembus minyak. Selain itu, karton food grade berbentuk ramah lingkungan lantaran gampang terurai.


Dinas Kesehatan Siapkan 110 Kader Gizi Pedamping Desa

Posted by: rokib

Tagged in: Untagged 

Usaha mensupport program pemerintah pusat, gerakan nasional percepatan perbaikan gizi dalam rencana seribu hari pertama kehidupan, Pemerintah kabupaten Kayong Utara lewat Dinas Kesehatan Sediakan 110 Kader Gizi pedamping Desa yang menyebar di 6 kecamatan yang ada di Kayong Utara.

Hal semacam ini di sampaikan oleh pelaksana pekerjaan (plt) Dinas Kesehatan Kabupaten kayong Utara Agus Rudi Suandi dalam sambutan acara pelantikan kader gizi pendamping desa serta seminar peran kader gizi dalam mensupport 1. 000 hari pertama kehidupan di Gedung Balai Nirmala, Rabu, (30/11/2016)

Dalam sambutannya, Agus menginginkan kader gizi di dese dapat untuk menolong pemerintah dalam menangani perlakuan gizi kurang balita yang ada di orang-orang.

“kader gizi pendamping desa yaitu anggota orang-orang setempat yang sudah dilatih serta memiliki kompetensi pemberian makanan bayi serta anak sesuai sama standard who sepanjang 24 jam serta bersedia, dapat dan mempunyai saat untuk melakukan tugasnya dalam mengikuti persoalan makan pada bayi, anak, serta ibu hamil di desa sesuai sama saran WHO, ”terang Agus Rudi Suandi.

Dianya juga menginginkan fasilitas serta prasarana yang ada di Desa semasing dapat dipakai semaksimal mungkin saja dalam perlakuan persoalan kesehatan orang-orang terlebih dalam mengatasi masalah gizi jelek.

“di tingkat desa ataupun dusun telah ada posyandu yang disebut satu diantara fasilitas yang mensupport dalam kurangi gizi kurang serta persoalan kesehatan yang lain. tetapi, perlakuan pada permasalahan gizi di orang-orang lewat posyandu nyatanya belum jalan dengan baik serta pola perlakuan dalam menangani permasalahan gizi kurang belum optimal”harapnya.

Selanjutnya Agus menuturkan kalau untuk menyiapkan kader gizi pendamping desa Dinas Kesehatan sudah lakukan kursus pemberian makan bayi serta anak pada 110 orang yang menyebar di enam tiap-tiap kecamatan.

“Kecamatan Sukadana ada 40 orang, Simpang Hilir 10 orang, Teluk Batan 10 orang, Seponti 20 orang Sedang kecamatan Pulau Maya 20 orang serta yang paling akhir 10 orang untuk Kecaman Kepulauan Karimata, ” jelasnya

Ketua TP-PKK Kayong Utara, Diah Permata Hildi dalam sambutannya yang di sampaikan oleh Munirah menerangkan harga equil kalau kesuksesan serta kelangsungan program kader gizi pendamping desa ini membutuhkan support dari beragam pihak, diluar itu dibutuhkan ada kerja sama juga dengan beragam bidang berkaitan, yang kesemuanya memiliki fungsi strategis dalam mendukung kesuksesan program ini.

“Dengan ada kader gizi bukan sekedar dalam tingkatkan pengetahuan serta kesadaran orang-orang tentang utamanya gizi di kelompok orang-orang desa, walau demikian diinginkan dapat juga menolong isi kekosongan administrasi pokja iv baik di tp-pkk desa ataupun tp-pkk kecamatan dalam soal jumlah kader gizi yang ada, ” imbuhnya.

Terkecuali jadi kader gizi yang trampil dalam mengatasi persoalan gizi ibu serta balita baik dipos kesehatan desa, posyandu, pertemuan PKK serta dasawisma, Dian juga mengharapkan juga supaya Kader Gizi dapat mempunyai inovasi usaha yang bisa memakai product lokal sebagai sumber alternatif pangan bergizi.

“Jumlah petugas gizi yang ada dikritikatan masihlah minim pasti jadi masalah dalam memberi info, sosialisasi dan edukasi gizi seimbang pada orang-orang. untuk pkk lewat pokja iv begitu mensupport tebentuknya kader-kader gizi pendamping desa supaya lebih mengena dalam mengedukasi warga desa dikota ataupun dipelosok kecamatan, ”tutupnya.


Punya Kantor Kesehatan, Hemat Rp 244 Juta

Posted by: rokib

Tagged in: Untagged 

 Direktur Jenderal P2P Kementerian Kesehatan M Subuh, Selasa (29/11) tempo hari, resmikan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Samarinda lokasi kerja pelabuhan laut tanjung laut, yang ada dekat komplek RSUD Kudungga di Jalan Soekarno Hatta, Sangatta Utara, Sangatta. Dalam peresmian itu, KKP serta penandatanganan prasasti, disaksikan segera oleh Bupati Kutim Ismunandar.

Diterangkan Subuh, kantor KKP Kelas II di Kutim ini untuk mendekatkan service kesehatan pada orang-orang. Terutama perlakuan kesehatan serta vaksinasi mitigasi untuk warga yang menginginkan keluar negeri, dan warga asing yang masuk ke Kutai Timur.

“Ini adalah satu diantara tanggungjawab pemerintah pusat dalam mendekatkan service pada orang-orang, ” kata Subuh, pada wartawan, Selasa (29/11).
Sesaat Kepala (KKP) Kelas II harga kosmetik jafra Samarinda lokasi kerja Pelabuhan Tanjung Laut Ruslan Umar menyampaikan, pembangunan KKP di Sangatta, memanglah untuk tingkatkan kemampuan petugasnya.

“Tidak lain untuk mendekatkan service akses kesehatan orang-orang, terlebih dalam soal tingkatkan kemampuan petugas KKP Samarinda lokasi kerja Sangatta, dalam usaha hindari tangkal penyakit yang bisa meresahkan dunia, ” kata Ruslan.
“Selain itu karenanya ada KKP di Sangatta ini, jadi orang-orang Kutim bisa menghemat cost vaksinasi sebesar Rp 244 juta per th.. Mengingat sampai kini warga Kutai Timur mengurusi vaksinasi mesti ke Samarinda, ” katanya.

Untuk di kenali, vaksinasi migitasi warga kutim pada th. 2015 sejumlah 576 jemaah yang turut umroh serta aktivitas karantina kapal asing sejumlah 540 kapal. Sedang untuk th. 2016 s/d bln. November ini, jumlah jamaah umroh sejumlah 681 jamaah serta service kekarantinaan sejumlah 561 kapal asing. (sab)


APPI Sosialisasikan Gerakan Hidup Masyarakat Sehat Sampai ke Pelosok

Posted by: soberius

Tagged in: Untagged 

 Gerakan Orang-orang Hidup Sehat (Germas) adalah satu kampanye budaya hidup sehat, berbentuk gerakan yang mengajak dan berikan motivasi supaya orang-orang ikut serta aktif untuk terkecuali mempunyai rutinitas serta tingkah laku hidup yang sehat diinginkan dapat wujudkan budaya hidup sehat dengan cara berkelanjutan dalam mensupport tercapainya maksud pembangunan kesehatan di Indonesia seperti tertuang dalam UU 39 th. 2009 mengenai Kesehatan.

Sekian dikemukakan Ketua Umum APPI (Aliansi Pita Putih Indonesia) Dr. Giwo Rubianto Wiyogo dalam sambutannya pada lokakarya Germas di Padang Sumatera Barat.

" APPI sebagai organisasi yang mempunyai cabang di 27 Propinsi diinginkan dapat jadi kemampuan inti dari langkah yang memprioritaskan usaha preventif serta promotif pada orang-orang untuk membiasakan, berperilaku serta berbudaya sehat, " kata Giwo Rubianto.

Dengan usaha preventif serta promotif ini, APPI mengharapkan kalau tiap-tiap ibu-ibu dapat mengajak anak anak, suami bahkan juga semua keluarganya untuk mempunyai kepedulian pada kesehatan diri, keluarga serta orang-orang supaya bisa memberi peran dalam penurunan angka kematian ibu serta pembangunan.

" Dengan Gerakan Orang-orang yang serentak dari mulai pusat hingga keseluruh pelosok nusantara yang dikumandangkan serentak oleh semua media baik bikin ataupun elektronik, pastinya bakal memberi efek multiplier harga equil yang penting. Dari mulai keluarga, lingkungan orang-orang, sekolah sekolah dari mulai PAUD hingga Perguruan Tinggi, Lembaga pemerintah, swasta pokoknya semuanya warga negara, " kata Giwo.

Diterangkan dengan gerakan yang memiliki komitmen serta berkelanjutan diinginkan kurun waktu yang relatif singkat selekasnya bakal menyentuh hingga keseluruh pelosok tanah air.

" Germas menginginkan mengajak serta berikan motivasi pada kita semuanya untuk peningkatkan kesadaran, tekad serta kekuatan hidup sehat untuk tiap-tiap kita untuk terwujudnya kehidupan yang sehat sebagai modal paling utama untuk pembangunan sumber daya manusia yang produktif serta kompetitif, " tuturnya.

Data utama yang perlu disibakkan ke umum kenapa Germas ini utama yaitu kalau : Hasil Penelitian Kesehatan Basic th. 2013, mengungkap sejumlah 26, 1% jumlah masyarakat Indonesia kurang kegiatan fisik serta sejumlah 93, 5% masyarakat diatas umur 10 th. kurang mengkonsumsi buah serta sayur.

Atas basic pemikiran tertulis diatas, APPI mengajak semuanya perempuan Indonesia untuk ikut serta bertindak aktif mensukseskan Germas dengan tiga tanda yaitu, tingkatkan kegiatan fisik sehari-hari, mengkonsumsi buah serta sayur serta check kesehatan dengan cara berkala tanpa ada mesti menanti sakit dahulu.

" Artinya tambah baik menghindar dari pada menyembuhkan, " tuturnya.


Kementrian Kesehatan memiliki tim khusus bernama Nusantara Sehat yang akan diterjunkan ke daerah terluat, terpencil dan perbatasan Indonesia. Program ini menarik peminat yang jumlahnya cukup besar. Untuk angkatan ke-5 tahun ini, ada sekitar 7.700 pendaftar namun yang diterima dan lolos seleksi tak sampai 5 persen dari jumlah pendaftar.

"Dari 7.700 yang daftar, yang diterima hanya 261 orang. Tandanya apa? Jadi Nusantara Sehat nggak gampang, seleksinya ketat," kata Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Kesehatan, drg Usman Sumantri di kawasan Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat, 25 November malam.

Usman menjelaskan, Nusantara harga dispenser  Sehat nantinya akan mengabdi di daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan terluar. Mereka juga akan ditempatkan di puskesmas daerah yang masih memiliki banyak masalah kesehatan.

Daerah-daerah tersebut memiliki fasilitas pelayanan kesehatan berkualitas yang sedikit jumlahnya. Belum lagi tantangan yang akan dihadapi oleh anggota tim, mulai dari faktor geografi, topografi, cuaca, transportasi, akses komunikasi hingga berbagai masalah sosial lainnya.

"Makanya yang ada di sini hari ini, yang lolos dan diterima pastinya nggak cengeng atau nggak betah dan nantinya mengundurkan diri. Dua tahun di pedalaman kan bukan waktu sebentar,"


Kesehatan Itu Harta Yang Tak Ternilai

Posted by: rokib

Tagged in: Untagged 

Kesehatan yaitu harta yg tidak ternilai. Oleh karena itu tiap-tiap individu diinginkan membiasakan gaya hidup sehat. Satu diantaranya dengan olahraga fisik dengan teratur sehari-harinya.

“Bagaimanapun bila kita miliki harta atau materi yang banyak, bila kesehatan kita tak baik, pasti itu tak ada fungsinya, ” sebut Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), HT Erry Nuradi, saat menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 tingkat Propinsi Sumatera Utara di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (27/11).

Oleh karena itu, peringatan HKN seperti hari ini suatu hal hal yang begitu positif serta mesti selalu digelorakan. Tidak cuma di propinsi saja, namun juga di tiap-tiap kabupaten/kota di Sumut. Mari jagalah kesehatan di lingkungan rumah kita semasing manfaat menunang kesibukan keseharian, ” tutur Erry.

Lantaran dengan badan yang sehat, kata Erry, pasti kita bisa lakukan beberapa hal. Tugas-tugas kita tentu begitu banyak. Baik di lingkungan rumah kita atau pekerjaan semakin besar di pemerintahan ataupun pekerjaan yang lain. Oleh karena itu dengan aktivitas hari ini kita dapat memperoleh semua.

“Mendapat keceriaan, memperoleh harga eyeliner wardah jiwa yang sehat serta badan yang sehat. Lantaran kita bersilaturahmi serta olahraga pada hari ini. Sekali saya mengatakan terima kasih pada semua, panitia, donatur ataupun sponsor serta telah memberi banyak hadiah lucky draw pada HKN ke-52 ini, ” sambung Gubsu lagi.

Diluar itu Erry juga mengapresiasi serta berikan penghargaan pada penyelenggara kesehatan, seperti tempat tinggal sakit, Puskesmas, bidan, perawat, serta dokter yang memberi service kesehatan pada orang-orang tanpa ada pamrih.

Ketua Panitia Peringatan HKN ke-52 Agustama, mengatakan aktivitas Jalan Sehat Sumut Paten adalah rangkaian HKN ke 52 yang terselenggara atas support Dinas Kesehatan Pemprovsu, IKA USU, stakeholder, serta yang lain. Dikatakn, Jalan Sehat Sumut Paten diikuti 2. 500 peserta dari beragam susunan orang-orang.

“Kami mengatakan terima kasih pada Pak Gubernur atas beragam support yang didapatkan sampai kini, terlebih lewat kebijakan penganggaran yang tiap-tiap tahunnya alami penambahan dengan cara penting. Di bebrapa saat yang akan datang, kami mengharapkan selalu didukung dari ayah untuk terwujudnya pembangunan kesehatan menuju orang-orang Sumut yang sehat serta sejahtera, ” ujarnya.

Hadiah paling utama lucky draw berbentuk sepeda motor yang dicabut oleh Gubsu pada akhirnya dimenangi oleh Erwin Sinaga dari KKP Kelas I Medan


Aplikasi Jamkesmas

Opini

PROGRAM INDONESIA SEHAT UNTUK ATASI MASALAH KESEHATAN


Indeks Pembangunan Manusia Indonesia dari th. ke th. bertambah, meski sekarang Indonesia masihlah ada pada ranking 108 dari 187 negara didunia. Pembangunan manusia secara prinsip yaitu usaha untuk memanusiakan manusia kembali. Mengenai usaha yang bisa ditempuh mesti dipusatkan pada semua sistem kehidupan manusia tersebut, dimulai dengan bayi dengan pemberian ASI serta imunisasi sampai lansia, deng...   Read more

Oleh: , 04 Des 2016.

Kesehatan Menurun, Pemeriksaan Rachmawati soal Makar Tertunda


 Kontrol pada Rachmawati Soekarnoputri belum dikerjakan sampai Jumat malam, 2 Desember 2016, sebab keadaan kesehatannya tak stabil.Rachmawati termasuk juga diantara sembilan tersangka yang lain berkaitan masalah sangkaan makar serta pelanggaran Undang-Undang Info serta Transaksi Elektronik (UU ITE), yang di tangkap pada Sabtu awal hari, 2 Desember 2016." Bu Rachma belum di check lantaran saki...   Read more

Oleh: , 03 Des 2016.

Sidoarjo Dorong Penguatan Kesehatan Masyarakat


 Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, mendorong adanya penguatan kesehatan kepada masyarakat salah satunya dengan membudayakan pola hidup sehat melalui gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).Bupati Sidoarjo Saiful Ilah di Sidoarjo, mengatakan gerakan masyarakat hidup sehat seperti yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo beberapa waktu lalu merupakan salah satu upa...   Read more

Oleh: , 02 Des 2016.

Jambore Kesehatan Tingkat Kecamatan


 Berada di halaman kantor Kecamatan Pondok Aren digelar pembagian Piala serta hadiah lomba Jambore Kesehatan Tingkat Kecamatan pada pengurus Kader PKK serta Kader Posyandu di 11 Kelurahan se-Kecamatan Pondok Aren Th 2016.Acara yang dikerjakan di halaman Kantor Kecamatan Pondok Aren pada hari Kamis (1/12-2016) di Jalan Graha Raya Bintaro Kelurahan Parigi Baru, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tange...   Read more

Oleh: , 02 Des 2016.

Bahaya Pembungkus Makanan Berbahan Kertas bagi Kesehatan


 Peneliti Pusat Riset Biomaterial Instansi Pengetahuan Pengetahuan Indonesia (LIPI), Lisman Suryanagara, mengingatkan orang-orang bakal bahaya kertas nasi serta kertas daur lagi untuk kesehatan manusia." Jadi kertas nasi untuk membungkus makanan seperti untuk nasi goreng, nasi bungkus, atau martabak yang berwarna coklat itu mempunyai efek jelek untuk kesehatan, umpamanya kurangi vitalitas unt...   Read more

Oleh: , 01 Des 2016.

Poling

Menurut anda, dengan penggunaan software INA DRG, apakah masih ada penyimpangan klaim?




Results

Produk Peraturan

Surat Edaran Menteri Kesehatan Tentang Penggunaan Database Kepesertaan Program Jamkesmas

Lihat semua Surat Edaran

Agenda

December 2016
S M T W T F S
27 28 29 30 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31

Tamu Online

We have 188 guests online

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini5549
mod_vvisit_counterKemarin12355
mod_vvisit_counterMinggu ini17904
mod_vvisit_counterMinggu Kemarin22789
mod_vvisit_counterBulan ini32390
mod_vvisit_counterBulan Kemarin121129
mod_vvisit_counterKeseluruhan23620122